Baca Gan, Inilah 6 Kebijakan Nyeleneh Pemerintah Korea Utara

North Korean Leader,Kim Jong-Un

Anda pasti udah nggak asing lagi dengan yang namanya negara Korea Utara atau Korut bukan?

Negara yang berada di semenanjung korea ini  berbatasan langsung dengan Tiongkok di sebelah utara,dan dengan Korea selatan  di bagian selatan semenanjung tersebut.

Tetapi sayangnya antara duo Korea tersebut tidak pernah akur,apalagi sampai membuka hubungan diplomatik.Pemicunya adalah karena Korea utara selalu mengintimidasi Korea Selatan dengan cara pamer kekuatan militer dan uji coba senjata nuklir.

Korea Utara merupakan negara yang tertutup.Mereka sangat anti dengan paham dan budaya dari negara lain,apalagi dari negara-negara barat.Sampai saat ini Korea utara masih dipimpin oleh seorang Pemimpin partai (atau lebih tepatnya dikatakan diktator) yaitu Kim Jong-un,yang merupakan cucu dari pendiri negara tersebut yaitu Kim Il-Sung.

Perlu diketahui bahwa Kim Jong-un adalah seorang diktator yang kejam dan paling berkuasa.Siapa saja yang berani melawan dan tidak menuruti perintahnya,pasti hidupnya akan berakhir di tiang gantungan atau pucuk senapan.Sadis banget kan?.Singkatnya,setiap perkataan yang keluar dari mulut Kim Jong-un adalah undang-undang.

Selain terkenal sebagai diktator yang kejam,Pemerintah Korea Utara dibawah kepemimpinannya juga membuat aturan-aturan yang nyeleneh atau terkesan gila untuk diterapkan kepada rakyatnya.

Dan di bawah ini adalah 5 aturan gila Korea Utara terhadap warganya,cekidot :

1. Aturan Gaya Rambut


Jika misalnya Anda tinggal di Korea Utara,jangan harap mempunyai gaya atau potongan rambut model masa kini atau mirip sang idola.Why? ya,karena pemerintah Korut memang mempunyai aturan tersendiri yang menyangkut model potongan rambut bagi penduduknya.

Gaya rambut Kim Jong-un

Seperti yang diberitakan Daily Mail (26/11/2015) akibat dari aturan tersebut,tempat potong rambut di Pyongyang banyak menuai protes dari para pelanggannya dikarenakan banyak warga yang tidak suka akan gaya rambut sang diktator.Adapun gaya rambut yang ditetapkan sang diktator  untuk laki- laki adalah botak di bagian kanan dan kiri,namun tebal di bagian atasnya.Cukup menggelikan bukan?.

Adapun kalau umpamanya Anda tidak suka dengan model tersebut,pemerintah Korut telah mengeluarkan 28 model potongan rambut yang diperbolehkan.


2. Sita Ponsel yang Dapat Akses Internet


Ini dia,aturan gila yang kedua.Pemerintah Korut akan menyita dan menyegel setiap ponsel warganya yang kedapatan bisa untuk mengakses internet.

Red Star Operating System

Teknologi di korea utara memang sangat dibatasi,bahkan di Korut nih sampai bikin OS atau Operating System sendiri dengan nama 'Red Star',yaitu Operating System dengan basis Linux.Tujuannya adalah agar tidak ada penyusup dari negara lain yang dapat mencuri data-data dari negara tersebut.Beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia ini masih bisa mengakses internet lewat ponsel,tetapi juga harus jaga etika,jangan sampai kita terjerat UU ITE.


3. Makan Rumput Saat Gagal Panen


Kalau peraturan yang satu ini mungkin sudah bukan gila lagi,tetapi kejam dan sadis!.Pemerintah gila ini memerintahkan kepada warganya untuk memakan akar rumput saat gagal panen.Memang Korea Utara pernah mengalami wabah kelaparan yang dahsyat yaitu pada tahun 1990.

Pertanian di Korea Utara

Adapun peringatan ini muncul setelah China sepakat menjatuhkan sanksi yang lebih berat ke Korea utara akibat Korut yang tetap membandel untuk tetap melakukan ujicoba nuklirnya,seperti yang diwartakan oleh Daily Mail,Rabu (30/3/2016).


4. Memuja Kim Il-Sung Layaknya Tuhan


Kim Il-Sung merupakan pendiri Korea Utara,kakek dari Kim Jong-Un yang menjadi pemimpin sekarang ini.Kim Il-Sung adalah presiden Korea Utara dengan masa jabatan yang tidak terbatas.Itu artinya sang anak yaitu Kim Jong-Il dan cucunya Kim Jong-Un hanya merupakan pemimpin partai saja.

Patung Kim Il-Sung di Pyongyang

Itulah sebabnya mengapa warga Korea Utara sangat mengkultuskan Kim Il-Sung.Sobat perlu tahu bahwa di Korut terdapat patung Kim Il-Sung yang terbuat dari batu alam dengan tinggi 120 meter,terletak di kota Pyongyang yang merupakan ibu kota negara ini.Patung tersebut digunakan sebagai tempat sesembahan dari warga Korea Utara.Bahkan sistem penanggalan atau kalender di negara itu juga di mulai dari tanggal kelahiran Kim Il-Sung,yaitu 15 April 1912.


5. Mengelompokkan Penduduk ke Dalam Kasta


Selain dikenal dengan aturannya yang koplak dan kontroversial,Korea Utara juga ternyata berlaku diskriminatif terhadap warga negaranya.Konon di Korea utara terdapat 51 kasta alias pengelompokkan penduduk dengan tingkat dan hak yang berbeda-beda.

Suasana kota Pyongyang dimalam hari

Kebijakan diskriminatif ini mulai diberlakukan sejak tahun 1957 yang digagas oleh Kim Il-Sung.Tidak mengherankan Jika di Korea Utara mobil dan motor termasuk barang langka karena hanya pejabat partai atau petinggi militer yang berhak untuk menggunakannya.Jalan-jalan di Korea utara juga dikategorikan sebagai salah satu jalan terlengang di dunia karena jumlah kendaraan yang terbatas.


6. Melarang Warganya Memakai Jeans


Gadis di Korea Utara

Bukan soal gaya rambut saja yang diatur oleh negara,di negara komunis ini soal fashion pun tak luput dari aturan pemerintah.Entah kenapa warga di Korea Utara ini dilarang keras untuk memakai pakaian dengan bahan dasar jeans.Mungkin karena jeans merupakan produk negara barat,sedangkan kita tahu bahwa Korea Utara adalah salah satu negara yang dengan vokal sangat anti dengan negara-negara barat,salah satunya adalah Amerika Serikat.


Itulah enam aturan gila yang ada di Korea Utara.Makanya kita sebagai warga negara Indonesia mestinya bersyukur karena masih bisa mengeluarkan pendapat,memilih gaya fashion sesuai selera kita,memiliki barang apapun yang kita inginkan,dan dapat menikmati hidangan yang layak.Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »