Belajar Membuat Blog,Yuk! ( Newbie Only )

Blog/pixabay.com


Pernahkah sobat mendengar kata blog? Dan apakah yang dimaksud blog itu,serta gimana cara membuatnya? Oke,lewat tulisan sederhana ini Kita akan belajar bersama step by step bagimana membuat sebuah blog secara gratis.


Apakah Blog Itu?


Menurut definisi saya sendiri blog itu tool atau alat yang bisa kita gunakan untuk berbagi atau sharing teks,photo,dan juga video.Nah,jika sobat punya pengalaman menarik,mengapa tidak mencoba untuk membagikannya melalui sebuah blog? Umpamanya sobat hobi travelling atau sobat punya suatu keahlian,misalnya mainin berbagai alat musik ( asal jangan mainin cewek ya gan! :D ),sobat bisa membagikannya melalui sebuah blog, misalnya: tutorial bermain gitar atau yang lain.Ada lagi jika misalnya sobat punya banyak binatang piaraan di rumah dari seekor gajah ampe buaya buntung,nah dari hobi tadi,sobat juga bisa kok membagikannya lewat blog,umpamanya:cara memandikan buaya atau tutorial menina bobokan gajah.

Mengapa harus ngeblog?


Jujur,ini pertanyaan yang agak susah untuk dijawab,karena salah satunya adalah menyangkut dengan hobi.Tetapi dengan kita ngeblog minimal ada sesuatu yang bisa kita bagikan ke orang lain,entah itu ilmu atau keahlian yang kita miliki,hobi atau kegemaran,pengalaman pribadi,contohnya agan nembak cewek 100 kali tapi ditolak melulu, terus gimana cara mengatasinya biar gak galau dan lain sebagainya.

Ngeblog juga dapat menambah penghasilan kita lho,yaitu dengan cara mengikuti program PPC (Pay Per Clicks),salah satunya adalah Google Adsense.Asal sobat tahu,sudah banyak orang yang sukses hanya dari ngeblog,salah satunya adalah mas Eka Lesmana.Walaupun beliau dahulu cuma seorang pangon bebek,tetapi dengan semangat belajar yang keras,akhirnya mas Eka ini bisa berhasil.Bahkan terus terang saja Eka Lesmana adalah inspirasi bagi newbie seperti saya.Coba saja sobat googling dengan kata kunci 'Eka Lesmana',pasti disitu akan banyak yang membahas tentang profil dan lika liku perjalanan beliau menjadi seorang blogger.Contoh yang lain adalah mas Sugeng,cowok asli Purwokerto (kalau saya nggak salah) yang punya situs Sugeng Id,dan dari kaum hawa atau cewek  salah satunya adalah mba Indri Lidiawati dengan websitenya Juragan Cipir.Beliau-beliau adalah orang yang pantang menyerah dan tak mengenal lelah untuk belajar.Kita sebagai newbie diharapkan mempunyai semangat juang seperti mereka.


Curhat mulu,Kapan belajar bikin blog nya?


Oh iya sob,keasyikan nulis curhat nih.Oke,kita kembali ke pokok bahasan.Untuk sobat yang tertarik belajar membuat sebuah blog,ikuti langkah-langkah berikut.Kita akan menggunakan blogger,yaitu sebuah aplikasi blog gratis keluaran mbah google.

Mengapa harus Blogger?

> Blogger itu gratis
> Banyak pilihan template nya
> Space penyimpanan file yang besar
> Mudah dalam pengelolaan
> Yang paling disaranin ama mbah google.


Tahap-tahap Membuat Blog


1. Sobat bikin email terlebih dahulu di G Mail,akan nampak gambar seperti di bawah ini.Sobat pilih 'Buat Akun'.


2. Isi nomor ponsel sobat.Pastikan sobat mengisi dengan benar karena mbah google sangat anti di PHP in.kalo udah klik 'Berikutnya' untuk melanjutken.


3. Akan ada SMS yang berisi link tautan dari mbah google,Sobat tunggu kira-kira 1-15 menit.Sobat bisa ngopi-ngopi dulu.


4. Periksa inbok SMS sobat,lalu salin/klik link yang diberikan mbah google.Maka akan nampak seperti gambar berikut.isi data-data yang diperlukan.kalo udah klik 'Berikutnya'.



5. Pilih nama pengguna sobat.Lalu isikan password/kata sandi.Untuk membuat sandi usahakan sepanjang mungkin asal bisa diingat.kombinasikan antara huruf,angka,dan karakter lain.Klik 'Selesai' untuk menyelesaikan tahap pembuatan email melalui G Mail.


6. Sekarang sobat akses Blogger.Isikan pada kolom email dengan email yang barusan sobat bikin.Klik 'Berikutnya'



7. Isikan password,lalu sobat klik 'Masuk'



8. Pilih 'Create New Blog'





9. Akan muncul jendela seperti gambar berikut ini.Isi 'Blog Title' terserah sobat,misalnya:kumpulan informasi terkini.Isi Blog Addres terserah sobat juga,misalnya: informasioke.blogspot.com.Untuk template sobat pilih yang simpel dulu.



10. Langkah terakhir sobat tinggal klik 'Create blog'.


11. Untuk mulai menulis atau memposting sebuah artikel,sobat tinggal klik 'New Post'



Demikianlah langkah-langkah sederhana untuk membuat sebuah blog.Ternyata cukup mudah dan simpel bukan?.Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat.Kreasikan dirimu lewat sebuah blog,and happy blogging sob!.

Previous
Next Post »