Cara Mengaktifkan Klik Kanan Pada Website yang Disable Right Click

Ilustrasi/youtube.com

Ketika browsing di internet,tujuan kita yang paling utama adalah untuk mencari beragam informasi yang bermanfaat dari sebuah situs atau website dan menyimpannya untuk dijadikan referensi atau salin untuk kita copy dan simpan dengan format atau ekstensi yang berbeda,misalnya menjadi (dot) doc,(dot) txt,(dot) pdf,dan lain-lain.

Tetapi tidak semua website yang kita akses dapat kita salin isinya dengan mudah,terutama pada website atau situs dengan settingan 'Disable right click' atau meniadakan klik kanan.Jadi ketika kita mencoba klik kanan pada mouse,biasanya akan tertera pesan "Sorry,this funcionality has been disabled by administrator",karena admin situs tersebut tidak mengijinkan kita untuk melakukan klik kanan.Mungkin salah satu tujuannya adalah agar semua konten yang terdapat dalam web tersebut tidak mudah untuk dicopy pihak lain dengan tujuan untuk duplikat konten atau semacamnya.


Lalu bagaimana? Apakah masih bisa kita akses?


Tenang sob,semua masalah pasti ada jalan keluarnya.Lewat tulisan sederhana ini kita akan belajar bersama cara mengaktifkan klik kanan pada website yang disetting Disable right click.Tapi ingat,jangan disalah gunakan,misalnya untuk kopi paste konten secara mentah-mentah tanpa berusaha merubah dan mencantumkan link sumbernya.Karena bagaimanapun kita harus menghargai yang namanya hasil karya orang lain,bener gak sob? Sobat pasti akan jengkel dan dongkol setengah hidup kan,jika umpamanya artikel atau tulisan hasil karya sobat dicopy paste orang lain tanpa mencantumkan link sumber? Nah,dari kasus diatas alangkah baiknya jika kita belajar untuk menghargai hasil karya orang,oke sob?


Cara Mengaktifkan Klik Kanan Pada Website



Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengaktifkan kembali klik kanan pada sebuah website atau blog antara lain melalui pengaturan pada browser dan dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.


A. Tanpa Tool/Aplikasi dari Pihak Ketiga


1. Menggunakan Sebuah Kode


Pada metode ini kita akan menggunakan sebuah kode seperti di bawah ini.


javascript:void(document.oncontextmenu=null);


Cara menggunakannya cukup simpel saja.Ketika browsing dan sobat menemukan sebuah website atau blog yang disable klik kanan,cukup copy kode  di atas dan paste pada address bar.Langkah terakhir adalah tekan 'ENTER' pada keyboard.Nah sekarang sobat sudah bisa untuk mengakses klik kanan yang tadi di-disable oleh admin web tersebut.

Image source : thewindowsclub.com


Tetapi kelemahan dengan menggunakan cara ini adalah sobat harus copy paste kode di atas setiap akan menggunakannya sewaktu-waktu.


2. Menonaktifkan Javascript Dari Pengaturan


Sobat bisa menonaktifkan javascript pada browser dan mencegah script untuk tetap aktif pada website dengan fitur disable right click.

Cara menonaktifkan Javascript


> Internet Explorer (IE)

Untuk disable javascript pada Internet Explorer,langkah-langkahnya adalah : buka Internet Explorer->Security Tab->Select Internet Zone->Klik Custom Level.

Image source : thewindiwsclub.com

Pada jendela yang terbuka sobat nonaktifkan saja 'Active Scripting'.Lalu sobat klik Ok/Apply.Langkah terakhir adalah restart Internet Explorer sobat.

> Chrome

Untuk menonaktifkan javascript pada chrome caranya adalah : Klik Setting->Show Advanced Setting->Privacy->Content Setting.

Image source : thewindowsclub.com

Pada jendela yang terbuka sobat pilih 'do not allow any site to run Javascript'.Jika sobat ingin mengadakan pengecualian sobat tinggal klik tombol 'Manage exception'.Klik OK kemudian restart Chrome.

> Firefox

Image source : thewindowsclub.com

Pada firefox 2.3 sampai dengan versi terbaru,untuk menonaktifkan JavaScript adalah : Option->Content->Hilangkan ceklist pada Enable JavaScript.Sekarang sobat ketik 'about:config' (hilangkan tanda petik) pada Address bar kemudian tekan ENTER.Sobat cari tulisan 'javascript.enabled',dobel klik pada toggle tersebut,ganti tulisan 'true' menjadi 'false'.Langkah terakhir adalah restart firefox.
Untuk mengaktifkan javascript kembali sobat tinggal merubah 'false' menjadi 'true'.

> Opera

Menonaktifkan javascript pada opera caranya adalah : Menu->Setting->Quick Preferences->Uncheck Enable JavaScript.Restart opera sobat.

Image sourve : thewindowsclub.com

Setelah menonaktifkan JavaScript,sobat kembali ke web browser kemudian muat ulang/reload browser tersebut.Taraaa kini sobat udah bisa mengakses menu klik kanan.Setelah sobat selesai dengan keperluan tersebut,sebaiknya akfifkan kembali fitur javascript,karena javascript yang non aktif akan membuat sebuah browser tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Menggunakan Metode Lain


Jika sobat hanya bertujuan untuk menyalin teks dari sebuah web,sobat bisa mempraktekkan cara yang lebih mudah yaitu dengan cara melihat source kode web tersebut.Tekan Ctrl+U pada keyboard,cari teks yang diinginkan,lalu sobat tinggal Copy teks tersebut.

Cara yang lain adalah dengan menyimpan langsung halaman web tersebut ke komputer sobat dengan menggunakan Ctrl+S pada keyboard.Untuk mengaksesnya sobat tinggal klik 2x pada halaman web yang telah disave tersebut.


B. Menggunakan Tools dari Pihak Ketiga


1. Menggunakan Web Proxy


Simpelnya sebuah web proxy adalah sesuatu yang menghubungkan antara sobat dan internet.Dengan menggunakan proxy,maka identitas sobat akan tersembunyi ketika mengakses internet,seperti IP Address yang sobat gunakan.

Imagesource:thewindowsclub.com

Situs yang menyediakan proxy antara lain hide.me dan filterbypass.Cara menggunakannya cukup mudah,sobat tinggal ketik/paste url website yang menonaktifkan klik kanan.Cek opsi 'Remove Script' untuk menjaga masih ada/tidaknya script yang aktif pada web tersebut kemudian 'go'.

2. Menggunakan Ekstensi Browser


Jika belum menemukan cara yang dirasa cocok,sobat juga bisa mencari bantuan melalui web store.Cukup instal ekstensi pada browser dan sobat tak perlu lagi berpusing-pusing ria.Ada beberapa ekstensi yang bisa sobat coba,antara lain RightToCopy untuk Chrome dan RightToClick untuk Firefox.


Catatan :

Saya ingatkan sekali lagi,agar kita hendaknya selalu menghargai hasil karya seseorang.Sebuah situs yang menonaktifkan klik kanan mungkin mempunyai maksud dan tujuan tertentu,misalnya konten yang tidak diizinkan untuk disebarluaskan secara bebas dan sebagainya.Jika kita ingin dihargai orang lain,hendaknya kita juga bisa menghargai orang tersebut,salah satunya adalah dengan menghargai hasil karyanya.Salam.


Editor : Bavanna
Sumber





Previous
Next Post »