4 CMS Gratis untuk Membangun Sebuah Website



Untuk membangun sebuah website dewasa ini Kita memang dihadapkan dengan banyak pilihan CMS (Content Managemen System) yang dapat diperoleh secara free atau gratis.Hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita,karena terdapat banyak pilihan yang bisa kita gunakan,selain itu untuk mendapatkannya bisa secara gratis.

Berikut ini adalah 5 CMS  gratis yang dapat kita gunakan untuk membangun sebuah website.

1. Wordpress

Wordpress adalah penerus dari b2 atau cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.CMS yang dirilis perdana pada tanggal 27 Mei 2003 ini sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).
Wordpress saat ini menjadi plattform beberapa situs populer seperti CNN,The New York Times,Reuters,TechCrunch,dan lain-lain.

Screen shot wordpress.org (mobile version)


Situs resmi dari wordpress adalah :

wordpress.com
wordpress.org

Untuk saat ini versi terbaru dari wordpress adalah v.4.4.2,tersedia dalam format zip.


2. Joomla

Screen shot joomla.org/mobile version


Joomla merupakan salah satu CMS yang dapat kita unduh secara gratis.Joomla pertama kali dirilis adalah versi 1.0.0.Fitur-fitur yang terdapat pada joomla diantaranya adalah sistem cahcing untuk peningkatan performansi,RSS,Blog,polling,dan lain-lain.Joomla berasal dari kata Swahili,jumla yang berarti "kebersamaan.Anda dapat mengunduh CMS ini pada laman resminya yaitu di joomla.org atau id.joomla.org.

3. Drupal

Drupal rilis perdana pada Januari tahun 2001.CMS dengan sistem operasi cross-plattform ini dalam pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh komunitas drupal di seluruh dunia.Drupal mendukung multi bahasa,selain itu drupal juga dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL,Postgre SQL,SQLLite,MariaDB,dan juga MsSQL.Web server yang kompatibel dengan drupal diantaranya Apache,Nginx,IIS yang berjalan pada sistem operasi seperti Windows,Linux,Mac OS X,dan juga FreeBSD.Kemampuan dari drupal tidak hanya sebagai CMS saja.Namun drupal juga dapat digunakan menjadi CMF untuk membangun sebuah website dengan modul API-nya.

Screen shot drupal.org/mobile version


Dengan drupal kita dapat membangun

> Portal Web Komunitas
> Forum Diskusi
> Website Perusahaan
> Aplikasi Internal
> Website Personal atau Blog
> Aplikasi Komersial
> Kumpulan Sumber Informasi
> Situs Jejaring Sosial
> Dan Lain-lain.

4. PHP Fusion

CMS yang digagas oleh Nick Jones (bukan jomblo ngenes lho ya? :D) juga merupakan salah satu CMS yang Open Source.

php-fusion.co.uk/mobile version


Versi 6 dari PHP Fusion adalah dibawah lisensi GNU General Public License,sedangkan versi 7 dari CMS  dengan situs Php-fusion.co.uk ini sudah berlisensi Affero General Public License.


Previous
Next Post »