Perlu Anda Ketahui,Inilah 7 Manfaat Dari Kulit Pisang

Banana/commons.wikimedia.org

Pisang,salah satu tumbuhan yang banyak terdapat di negara-negara dengan iklim tropis ini memang tergolong istimewa.Selain buah yang dapat kita konsumsi secara langsung dan dapat diolah menjadi bermacam-macam produk camilan,ternyata kulitnya juga mempunyai manfaat yang tersembunyi.

Orang biasanya hanya memanfaatkan buahnya saja,dan akan membuang kulit pisang karena anggapan bahwa kulit pisang tersebut tidak bermanfaat sama sekali.Tetapi Anda perlu ketahui bahwa sebenarnya kulit pisang juga mempunyai manfaat yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dan berikut adalah tujuh mafaat yang dapat kita peroleh dari kulit pisang

1. Penghilang kutil


Kutil adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Human Pappiloma.Bagi penderita kutil,tentunya akan berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan penyakit tersebut karena dapat mengganggu penampilan.Terkadang bermacam-macam obat telah mereka coba dan gunakan,tetapi tidak juga mengalami perubahan.

Bagi Anda yang pernah mengalami seperti kasus diatas,cobalah untuk menggunakan kulit pisang sebagai alternatif penghilang kutil.Caranya sangat simpel,Anda hanya perlu kulit pisang,potong lalu tempelkan pada area yang terdapat kutil dengan plester.Lakukan hal tersebut secara rutin sampai kutil benar-benar menghilang.

2. Alternatif untuk memutihkan gigi


Zat yang terkandung pada kulit pisang diantaranya adalah kalium dan mineral yang dipercaya dapat membuat putih pada gigi.Cara yang dapat Anda lakukan jika ingin memutihkan gigi menggunakan kulit pisang adalah dengan memilih pisang yang matang sempurna,kemudian gosokkan secara merata pada gigi Anda selama dua menit.Diamkan selama kira-kira 10 menit sebelum Anda menggosok gigi.

3. Penghilang rasa gatal pada gigitan nyamuk


Memang tidak ada penelitian yang mengklaim akan hal ini.Tetapi kulit pisang dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal pada gigitan nyamuk dan cara kerjanya adalah dengan cara menyerap cairan pada area yang bengkak.

4. Mengurangi Jerawat


Jerawat merupakan penyakit yang berhubungan dengan masalah penampilan,terutama untuk kaum muda.Jika Anda ingin memanfaatkan bahan alami sebagai obat,Anda dapat menggunakan kulit pisang untuk masalah jerawat Anda.Caranya adalah gosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat,diamkan selama sepuluh menit.Biarkan beberapa waktu sampai residu pada kulit pisang tersebut bekerja,lalu cucilah muka Anda.

5. Mengkilapkan sepatu


Kulit pisang juga dapat dijadikan alternatif semir untuk sepatu Anda.Caranya adalah dengan menggosokkan bagian dalam dari kulit pisang pada sepatu,lalu gosok dengan kain bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kulit pisang tersebut.

6. Memperlambat keriput pada wajah


Anda khawatir dengan garis-garis halus dan keriput yang mulai bermunculan pada wajah? Manfaatkanlah kulit pisang untuk memperlambat terjadinya keriput pada wajah.kulit pisang mengandung vitamin C dan antioksidan lain.Caranya adalah gosokkan bagian dalam kulit pisang pada area wajah yang terdapat garis-garis halus.

7. Membantu menghilangkan memar


Manfaat lain dari kulit pisang yaitu membantu mengurangi memar pada kulit.Caranya cukup simpel,Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada area yang terdapat luka memar,lalu biarkan saja sampai semalaman.


Itulah tujuh manfaat yang bisa kita gunakan dari kulit pisang.Memang akan terasa sayang kalau kita buanf begitu saja bukan? Semoga bermanfaat.





Previous
Next Post »