Istilah-Istilah 'Lucu' yang Ada Dalam Forum dan Sosial Media

Istilah-istilah lucu dalam forum dan sosial media


Dalam bersosial media terkadang kita sering mendengar istilah-istilah yang asing dan cenderung membuat bingung,karena biasanya istilah tersebut melenceng jauh dari maksud yang sebenarnya.


Entah siapa yang pertama memperkenalkan istilah-istilah ini,tetapi yang jelas dengan adanya hal tersebut dapat membuat hubungan kita dalam bersosial media tidak menjadi terlalu kaku.


Pada forum-forum diskusi seperti Kaskus,Detik Forum dan lain-lain,istilah tersebut telah lama menjadi hal yang populer dan sering digunakan oleh para membernya.

Dan berikut ini adalah Istilah-Istilah lucu yang sering kita jumpai dalam forum dan media sosial lain.


1. Pertamax


Yang dimaksud pertamax di sini bukanlah salah satu jenis bahan bakar.Akan tetapi dalam forum-forum diskusi Pertamax mempunyai maksud 'komentar pertama' atau seseorang yang pertama kali memposting komentar sebagai respon dari sebuah diskusi/thread yang berlangsung.


2. Agan atau Juragan


Agan atau panjangnya Juragan adalah sebutan bagi semua member pria.Tentunya kita sering melihat seseorang menulis "Oke Gan,Tentu Gan,Wah yang bener Gan" pada forum-forum diskusi bukan?.Adapun untuk member wanita atau putri dikenal dengan sebutan Aganwati atau Juraganwati.


3. Buneng


Maksud dari kata 'Buneng' dalam sebuah forum diskusi bukanlah bintang film komedi zaman dulu,Diding Buneng (Boneng),Namun kata Buneng mempunyai arti Benar atau Serius.Misalkan ada seorang member menulis "Ah,yang buneng gan",maksud dari tulisan tersebut adalah "Ah,yang benar saja" atau "Anda serius?".


4. Sundul Gan


Kata 'Sundul Gan' pada sebuah forum juga sering kita jumpai.Sundul Gan sendiri mempunyai sebuah maksud,yaitu agar kita membantu memberikan rating pada sebuah thread atau pokok bahasan,agar thread tersebut dapat terangkat atau menjadi populer dan ada pada halaman depan.


5. Pejwan atau Pekiwan


Pejwan atau Pekiwan adalah kata yang bermaksud halaman depan atau halaman satu.Pejwan adalah bacaan dari bahasa Inggris 'Page One',dan kemudian banyak yang mempelesetkannya menjadi Pekiwan.


6. Ane atau Ente


Kata Ane dan Ente mempunyai maksud Saya atau Anda.Kata-kata ini diambil dari bahasa Arab (CMIIW) dan menjadi kata yang cukup banyak digunakan dalam sebuah thread.


7. Cendol Gan


Cendol adalah sebuah kata yang tidak asing lagi ketika kita terlibat dalam sebuah diskusi.Terkadang sering Kita jumpai seseorang yang menulis "Cendol Gan",maksudnya kurang lebih orang tersebut meminta Kita untuk memberikan reputasi yang baik.Lawan dari Cendol adalah Bata yang mempunyai maksud reputasi buruk.


8. Mastah atau Suhu


Mastah  atau Suhu dalam sebuah forum mempunyai arti seseorang yang sudah ahli dalam melakukan sesuatu.Mastah sendiri merupakan plesetan dari bahasa Inggris,yaitu 'Master'.Lawan kata dari Mastah adalah Newbie/Nubie yang artinya pemula atau baru belajar.


9. Ngejunk


Kata Ngejunk pada sebuah forum mempunyai maksud 'ninggalin sampah' atau menuliskan komentar pada thread seseorang.


10. Nais Inpoh


Nais Inpoh sebenarnya adalah kata dari bahasa Inggris yang sengaja diplesetkan yaitu "Nice Info" yang artinya informasi yang bagus atau memberikan manfaat.


11. Mampir Dimari


Mampir Dimari mempunyai maksud seseorang yang mengajak orang lain untuk melihat dan membaca thread atau pokok bahasan yang dibuatnya.


12. Dikomeng


Maksud dari kata dikomeng bukanlah nama pelawak yang sedang ngetren saat ini.Dikomeng mempunyai arti Dikomentari atau dikasih komentar."Monggo dikomeng gan" maksudnya adalah "Silakan Anda tulis komentar".


Itulah dua belas 'kosa kata' yang sering kita jumpai dalam forum diskusi dan sosial media.Mungkin dari Anda ada yang mau menambahkan? Semoga bermanfaat.

Newest
Previous
Next Post »