Inilah Alasan Kenapa Twitter Hanya 140 Karakter untuk Sekali Tweet

Twitter logo

Twitter,sebuah sosial media yang didirikan tanggal 21 Maret 2006 ini memang memiliki ciri khas tersendiri,yaitu dengan batasan maksimal 140 karakter untuk sekali tweet.Bahkan,jumlah karakter yang diperbolehkan dalam twittter masih kalah dengan karakter yang digunakan dalam sebuah SMS,yaitu 160 karakter.

Lantas,apakah alasannya? Seperti yang dikutip dari The New York Times,desain yang digunakan pada twitter memang mempunyai perbedaan dengan SMS.Meskipun pada kenyataannya SMS lah yang menginspirasi didirikannya Twitter.Format yang ada pada SMS terbatas hanya 160 karakter,termasuk di dalamnya spasi dan tanda baca seperti koma,titik,dan lainnya.

Jika pesan pada sebuah SMS panjangnya melebihi 160 karakter,maka biasanya akan terbagi menjadi dua pesan.Selain itu,jika dalam mengirim pesan kita menggunakan pictograph  dan emoji,maka jumlah karakter maksimal yang bisa kita gunakan hanya sebatas 70 karakter.

Pada tahun 2006,saat baru berkembang sebenarnya twitter ingin membuat pesan layaknya sebuah SMS.Pada mulanya tweet yang dikirim melalui sebuah SMS tidak mempunyai batasan dalam karakter yang digunakan.Namun masalahnya jika tweet yang dikirimkan melebihi jumlah maksimal pada SMS,yaitu 160 karakter maka otomatis akan terjadi dua kali pengiriman,sehingga akan semakin banyak pulsa yang digunakan.

Oleh sebab itu maka diputuskan oleh para pencetusnya diantaranya adalah Jack Dorsey dan Dom Sagolla untuk meringkasnya dengan batasan maksimal 140 karakter dan tentu saja hal tersebut dimaksudkan agar tidak memerlukan banyak pulsa yang digunakan.

Melalui akun twitternya,Jack Dorsey menjadikan 140 karakter yang ada pada twitter sebagai ikon sosial media tersebut."Seseorang dapat mengubah dunia melalui 140 karakter",tulis Jack dalam akunnya,@jack.

Sampai saat ini jumlah karakter dalam twitter pun masih dipertahankan,walaupun telah memasuki era yang berbeda dan menyesuaikan dengan perkembangan tekhnologi.

Sempat santer terdengar isu yanf menyatakan bahwa twitter akan merubah batas maksimal menjadi 1000 karakter.Namun hal tersebut mendapat respon yang tidak setuju dari para penggunanya,karena bagaimanapun perkataan Jack benar adanya,banyak aktivis,politisi,dan artis yang telah mengubah dunia melalui 140 karakter pada sosial media dengan ikon gambar burung tersebut.


Editor : Bavanna
Sumber : NY Times
Previous
Next Post »