Ternyata Wanita Muda yang Pemarah Akan Cepat Tua Lho,Ini Dia Sebabnya!

Angry woman/commons wikimedia.org

Setiap wanita pasti mendambakan dirinya agar selalu terlihat cantik dan awet muda,walaupun sudah cukup berumur sekalipun.Namun tanpa disadari sebenarnya untuk menjadi awet muda ternyata sangat mudah kuncinya.Apakah itu? Ya..Anda hanya dituntut untuk lebih sering bersabar!.

Mungkin Anda bertanya,Apakah ada hubungannya antara sabar dan panjang umur?.Jawabannya adalah tentu saja ada karena bagi orang yang tidak bisa bersabar dan cenderung menjadi individu yang pemarah akan terlihat tanda-tanda penuaan yang lebih cepat daripada mereka yang sanggup untuk melakukannya.Hal ini berdasarkan dari sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh National University of Singapore.

Dalam studi ini peneliti menggunakan permainan yang disebut 'delay discounting' dengan melakukan pengamatan terhadap 1.158 mahasiswi yang berasal dari China,dimana para partisipan tersebut mempunyai riwayat kesehatan yang cukup baik dan tidak terdeteksi adanya penyakit yang mengkhawatirkan.

Dalam permainan 'Delay Discounting' ini setiap peserta diharuskan membuat keputusan apakah mereka bersedia menerima 100 dollar Singapura pada saat itu atau mendapatkan jumlah nominal yang lebih besar,tetapi dengan syarat harus menunggu beberapa hari lagi.

Mereka yang memutuskan untuk menerima uang pada hari itu dianggap sebagai peserta yang tidak mau bersabar.Untuk membandingkannya,peneliti mengukur panjang telomere dengan partisipan yang mau menunggu lebih lama,seperti yang dinukil dari Detik Health.

Hasilnya,ujung kromosom pada wanita muda yang tidak bisa bersabar lebih cepat berubah menjadi pendek daripada partisipan lain yang bisa bersabar.Pemendekan telomere merupakan indikasi adanya percepatan penuaan.

Semakin telomere memendek,maka tanda-tanda penuaan dari individu yang bersangkutan akan lebih cepat terjadi,meskipun secara umur bisa saja lebih muda,dan faktor lain seperti kebiasaan dan gaya hidup juga telah dipertimbangkan.

Uniknya,korelasi atau hubungan semacam ini tidak ditemukan pada peserta pria."Berarti memang kesabaran itu memang ada gunanya,dan tanpa disadari wanita yang enggan melakukannya lebih rentan untuk cepat tua daripada wanita yang bisa lebih bersabar",ungkap peneliti Richard Ebstein.

Lebih lanjut Richard tidak bisa menerangkan alasan pasti mengapa rasa tidak sabar dapat mengakibatkan penuaan yang lebih cepat,apakah karena ketidaksabaran itu sendiri bisa memacu penuaan lebih cepat ataukah stress yang terjadi karena membuat suatu keputusan yang tergesa-gesa.

Peneliti juga menemukan orang yang cepat marah dan tidak bisa bersabar biasanya mempunyai kebiasaan hidup yang tidak sehat.Bisa jadi lewat gaya hidup yang tidak sehat ini akan memacu timbulnya penuaan yang lebih cepat.

Editor : Bavanna

Sumber








Previous
Next Post »