Mau Ngeblog? Inilah 11 Niche yang Bisa Anda Pilih

11 Niche untuk Blog

Bagi yang baru mengenal dunia blogging,biasanya akan merasa bingung untuk menentukan niche atau pokok bahasan apa yang akan digunakan untuk blognya.

Memang banyak sekali topik yang 
bisa dijadikan bahasan dan dituangkan dalam sebuah tulisan untuk blog,namun jika dalam pemilihan bahasan tidak sesuai minat dan kurang menguasai seluk beluknya,maka akibatnya akan kurang maksimal bagi blog yang dikelolanya.

Untuk itu sebaiknya pilihlah topik sesuai dengan yang kita kuasai,agar nantinya dapat memberikan hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan topik,Berikut ini adalah referensi daftar niche yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada blog Anda.


1. Kesehatan


Kesehatan merupakan pokok bahasan yang menarik untuk dijadikan niche pada sebuah blog,karena setiap harinya banyak orang yang mencari tentang tips-tips kesehatan,gaya hidup sehat,dan masalah yang menyangkut dengan dunia kesehatan lainnya.

2. Otomotif


Jika Anda adalah orang yang suka dan menguasai dunia otomotif,tidak ada salahnya untuk dijadikan pokok bahasan pada blog yang Anda kelola.Misalnya tips safety riding,modif motor atau mobil dan lain-lain.

3. Kuliner


Anda mempunyai hobi memasak dan mencoba berbagai resep masakan? Mengapa Anda tidak mencoba untuk berbagi melalui sebuah blog? Niche kuliner adalah sesuatu yang cukup menarik untuk dibahas,karena setiap hari orang pasti akan penasaran untuk mencoba berbagai resep masakan terbaru.Anda dapat menuangkan pengalaman Anda tentang dunia kuliner ke dalam sebuah blog.

4. Tekhnologi


Manusia memang tidak bisa lepas dengan yang namanya tekhnologi.Karena dengan tekhnologi inilah yang membuat segala aktifitas menjadi semakin mudah.Jika Anda tertarik dengan perkembangan dan kemajuan tekhnologi,Anda dapat memilih niche ini untuk diterapkan pada blog yang Anda kelola.

5. Hewan Peliharaan


Anda tentu memiliki hewan peliharaan di rumah bukan? Pastinya akan sangat menyenangkan untuk Anda bagikan melalui sebuah tulisan pada blog,misalnya cara merawat kucing,cara melatih anjing,cara agar burung dapat lebih berkicau,dan lain-lain.

6. Olahraga


Olah raga adalah sebuah niche cukup menarik untuk Anda pertimbangkan.Banyak sekali cabang yang dapat Anda pilih,dan Anda dapat lebih mempersempit dengan hanya membahas salah satu topik saja,misalnya sepak bola,basket,bulu tangkis dan sebagainya.


7. Humor


Setelah beraktifitas,setiap orang tentu menginginkan suasana yang rileks dan menghibur,salah satunya adalah dengan adanya humor.Bagi Anda yang mempunyai bakat untuk ndagel/mempunyai selera humor yang tinggi,Anda dapat menyalurkan dan membagikannya lewat tulisan pada blog.Buatlah cerita semenarik mungkin,walau itu hanya fiktif belaka.

8. Politik


Niche yang satu ini memang menjadi pembicaraan yang cukup hangat setiap harinya.Tetapi ingat,jika Anda memilih niche ini jangan sampai memojokkan atau menyudutkan pihak tertentu.

9. Tutorial


Niche ini juga patut untuk Anda pertimbangkan.Banyak sekali orang yang mencari tentang tutorial,misalnya tutorial tentang fashion,komputer,internet, dan lainnya.

10. Bisnis Online


Bisnis online dewasa ini menjadi pokok bahasan yang cukup menarik untuk dibahas.Anda dapat menjadikan topik ini untuk diulas pada blog,misalnya tips marketing,tips sukses bisnis online dan lain-lain.

11. Desain Grafis


Bagi Anda yang hobi dan menguasai Desain grafis,tidak ada salahnya untuk membagikannya pada sebuah blog.Ulaslah semua hal yang berkaitan dengan dunia desain,misalnya cara mendesain website,tutorial photoshop,corel draw,free hand,dan lain-lain.


Itulah 11 niche yang bisa Anda pilih untuk blog,jika Anda masih bingung untuk memilih pokok bahasan yang tepat dan sesuai dengan yang Anda kuasai.Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »