Smartphone,Menguntungkan Juga Merugikan

Smartphone/pixabay.com

Perkembangan tekhnologi dewasa ini memang berjalan sangat pesat.Hampir semua yang dibutuhkan manusia kini boleh dikatakan bisa dijangkau hanya lewat genggaman tangan.Ya,kehadiran smartphone memang kita akui banyak memberikan kemudahan.

Lewat sebuah smarphone kita bisa mengakses berbagai informasi yang terjadi di tempat atau belahan dunia yang lain,sebuah smartphone juga dapat membantu kita dalam melakukan berbagai transaksi secara online,memilih destinasi wisata yang kita inginkan,dan dapat kita jadikan hiburan dengan fitur audio dan videonya.

Selain sudah menjadi gaya hidup manusia modern,kehadiran smartphone juga telah menjadi semacam kebutuhan,karena efisiensi dan kemudahan yang terdapat di dalamnya.Namun,selain kemudahan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari sebuah smartphone,tentu saja ada hal-hal negatif  bahkan cenderung merugikan dari benda yang satu ini.Berikut ini adalah keuntungan dan hal merugikan yang dapat ditimbulkan oleh sebuah smartphone.

Keuntungan Memiliki Smartphone


> Membantu Mempermudah Pekerjaan


Salah satu efek positif dari smartphone adalah dapat membantu mempermudah kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari karena berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.Misalkan kita ingin bertransaksi keuangan dengan kolega atau patner,dan kita tidak ada waktu untuk pergi ke sebuah bank,lewat smartphone transaksi dapat dilakukan secara online.

> Mempermudah Memperoleh Informasi


Bagi kita yang senantiasa haus akan perkembangan informasi terbaru,smartphone adalah jawabannya.Dengan smartphone kita bisa mempreroleh informasi apa saja dari situs-situs kesayangan dan terupdate setiap hari.

> Sebagai Media Hiburan


Fitur audio dan juga video yang ada pada smartphone memang sangat menguntungkam bagi kita yang memerlukan hiburan setelah lelah beraktifitas.Lewat sebuah smartphone kita bisa menyaksikan sebuah film secara langsung,pertandingan sepak bola dan video lucu serta menarik lainnya.

> Memperbanyak Teman dan Kenalan


Facebook,Twitter dan situs sosial media lain merupakan sarana bagi kita untuk menambah pertemanan.Dengan sebuah smarphone,kita bisa tetap berhubungan dengan mereka kapanpun dan di manapun.

Efek Smartphone yang Merugikan


Selain sisi positif yang bisa kita dapatkan,tentu saja ada sisi negatif yang ditimbulkan dengan adanya smartphone.

> Kesehatan Terganggu


Efek negatif yang sering ditimbulkan dari sebuah smartphone adalah kesehatan seseorang yang bisa terganggu.Hal ini disebabkan karena biasanya kita terlalu lama di depan smartphone,sehingga akan berakibat buruk bagi kesehatan,terutama mata dan leher.

> Meningkatnya Angka Kecelakaan


Sering terjadi kasus seseorang yang berselfie ria tetapi tidak pada tempat yang semestinya,atau dengan kata lain selfie pada tempat yang berbahaya sehingga seringkali terjadi kecelakaan,bahkan banyak yang harus rela kehilangan nyawa.

> Lupa Waktu


Mungkin waktu tidak akan terasa begitu cepat bagi kita yang sedang asyik mengakses sebuah smartphone.Karena banyak fitur yang menarik di dalamnya,sehingga kita biasanya betah berlama-lama dengan benda tersebut dan sampai lupa waktu.

> Memancing Kriminalitas


Terkadang,kita tidak mengenal tempat ketika mengakses gadget  dan lupa dengan situasi serta keadaan di sekeliling.Hal ini dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena kelengahan kita.Untuk itu kita seharusnya berhati-hati dan selalu waspada dengan keadaan sekeliling.

Previous
Next Post »