7 Cara Simpel dan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi/deviantart.com
Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan kulit yang cukup mengganggu terutama untuk jenis kulit yang berminyak.Jerawat juga menjadi masalah yang cukup serius terutama bagi penampilan seseorang.

Biasanya orang yang menderita masalah jerawat terkadang tidak percaya diri dan berusaha mencari beragam cara untuk menyingkirkannya.

Jerawat sendiri timbul akibat tersumbatnya pori-pori kulit karena kotoran sehingga menjadi sarang berkembang biaknya kuman dan berakibat timbulnya jerawat.

Kadang karena mungkin saking kesalnya dengan jerawat yang membandel,seseorang dengan sengaja memencet jerawat tersebut dengan harapan agar lekas hilang sehingga tidak lagi mengganggu penampilan.

Tetapi menurut ilmu kesehatan,cara yang demikian bukanlah sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat,karena dengan kita memencet jerawat maka dikhawatirkan kulit akan mengalami peradangan dan infeksi,selain itu juga dapat meninggalkan lubang dari bekas jerawat yang 'dikeluarkan secara paksa' tersebut.

Jika Anda saat ini sedang bermasalah dengan jerawat,berikut adalah cara alami untuk menyingkirkannya tanpa harus menanggung resiko terkena infeksi dan peradangan pada kulit karena pemencetan secara paksa.

1. Aspirin

Aspirin adalah anti Inflamasi,oleh karenanya Aspirin dapat membantu untuk mengurangi jerawat dengan cepat,dan merupakan bahan yang murah.Anda dapat menyimpan Aspirin di rumah jika suatu saat Anda memerlukannya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah,Anda bisa membuat pasta dengan bahan ini dengan perbandingan 3:1,maksudnya 3 gelas air dicampur dengan 1 bagian Aspirin.Setelah kedua bahan tersebut diaduk dan tercampur segera oleskan ke area yang berjerawat.Diamkan kira-kira setengah sampai satu jam,setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan tisu atau handuk muka.

2. Berenang

Jika di rumah Anda terdapat kolam renang,maka cobalah untuk sering berenang.Klorine memang dapat membuat kulit anda kering,tetapi kabar baiknya bisa mengurangi jerawat Anda.Jangan lupa pakai pelembab untuk sesudah anda berenang dan kondisioner untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan.

3. Aloe Vera/Lidah Buaya

Aloe Vera atau yang kita kenal dengan Lidah Buaya bukan hanya berfungsi sebagai pelembab bagi kulit,namun juga dapat mengurangi     inflamasi dan kemerahan pada jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda.

4. Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan pilihan yang baik jika Anda menderita jerawat yang berbentuk besar dan Anda ingin segera menghilangkannya.Pasta gigi sangat efektif karena mengandung zat Silica.Caranya cukup mudah,oleskan pasta gigi secukupnya pada daerah yang terkena jerawat sebelum Anda tidur,dan basuh keesokan harinya saat Anda bangun.Lakukan secara rutin sampai jerawat benar-benar kempes.

5. Madu

Selain rasanya yang lezat,madu juga merupakan Antibiotik alami.Madu adalah pilihan yang sempurna untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat.Sebagai bonus madu dapat membuat kulit Anda menjadi halus dan mulus.Anda dapat menjadikan madu sebagai masker untuk wajah.Caranya campurkan dua sendok makan madu  dengan  satu sendok teh bubuk kayu manis,kemudian aplikasikan ke wajah Anda.Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian basuhlah dengan air hangat.

6. Bawang Putih

Bawang putih sangat fantastis untuk melawan jerawat.Bawang putih merupakan anti oksidan,anti bakteri dan anti jamur.Ada dua cara untuk menggunakannya,yang pertama campur bawang putih sebagai menu harian Anda yang berfungsi membersihkan darah dari dalam tubuh,yang kedua tumbuk halus bawang putih dan oleskan pada jerawat beberapa kali sehari.Tetapi jika kulit Anda sensitif cobalah dahulu sedikit dengan dicampur air.

7. Mentimun

Mentimun bekerja sebagai anti inflamasi.Bahkan banyak orang yang menggunakannya untuk mengkompres mata.Anda dapat membuat masker mentimun dan campurlah dengan dua sampai tiga sendok teh air jeruk nipis,dan oleskan pada kulit Anda.Diamkan selama sepuluh menit sampai satu jam sebelum Anda membasuhnya.


Itulah tujuh cara alami untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat yang menyerang kulit Anda.Semoga bermanfaat.







Previous
Next Post »