Cara Sederhana Memanfaatkan Barang Bekas


Barang bekas/pixabay.com
Anda punya barang bekas tak terpakai di rumah? Mungkin anda bingung karena tumpukan barang tersebut hanya membuat rumah kotor dan terkesan berantakan sehingga anda berpikir untuk menjualnya secara kiloan saja.

Akan tetapi,sebelum itu terjadi cobalah anda renungkan,mungkin seonggok sampah tersebut masih bisa mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi daripada hanya menjualnya secara langsung ke tukang loak atau tukang rongsok keliling.

Botol plastik,karung bekas,ban bekas,bungkus kopi,dan kardus bekas mungkin bagi sebagian orang hanya tumpukan sampah yang tak berharga.Tetapi bagi orang yang kreatif dan berjiwa seni,barang bekas merupakan "tambang emas" yang bisa membuka peluang usaha di zaman yang semakin susah ini.

Lewat tulisan sederhana ini saya ingin berbagi tips yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan barang bekas di rumah,dan harapan saya setelah membaca tulisan ini anda tidak akan dipusingkan lagi dengan banyaknya barang bekas yang menumpuk di rumah.

1. Karung Bekas

Karung/id.wikipedia.org
Mungkin ada karung yang sudah tak terpakai,misal karung bekas bungkus kapur,terigu atau beras diantara tumpukan barang bekas di rumah.Anda bisa memanfaatkan barang tersebut,misalnya untuk menanam tanaman pada pekarangan rumah seperti jahe,cabai,terong,dan sebagainya.Hitung-hitung untuk menghemat biaya karena anda tidak  perlu membeli polybag.

2. Botol atau Kaleng Bekas

Kerajinan kaleng bekas/pikabay.com
Anda hanya perlu sedikit imajinasi untuk menyulap botol bekas menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi,misal membuat hiasan dinding,mainan anak,dan sebagainya.

3. Plastik Bekas atau Bungkus Kopi

Tas bungkus kopi/tokopedia.com
Pernahkah anda jalan-jalan ke pasar tradisional atau ke tempat usaha kerajinan lain? Mungkin anda pernah melihat puluhan plastik bekas bungkus kopi dirangkai dengan lem dan menjadi sebuah tas yang menarik? Mengapa anda tidak mencobanya sendiri di rumah?.Jika anda masih bingung bagaimana cara membuatnya mungkin anda bisa bertanya pada kenalan atau siapa saja yang sudah pernah dan berhasil membuatnya.Anda juga bisa mencari tutorialnya di internet.

4. Ban Bekas

Kursi ban bekas/mandiritondi.batamniaga.com
Ban mobil atau motor bekas akan lebih menarik dan sedap dipandang mata jika anda menyulapnya menjadi sebuah kursi yang cantik.Anda bisa meletakannya di taman atau tempat santai di belakang rumah.

5. Kardus atau Karton Bekas

Tempat pensil/kesekolah.com

Kardus bekas atau karton bisa anda sulap menjadi sebuah bingkai poto yang menarik atau tempat pensil yang cantik untuk melengkapi meja belajar putera-puteri anda.Ingat,bagaimanapun hasilnya nanti anda tak perlu malu karena seorang anak akan sangat bangga jika mengetahui sang ayah yang sedikit bersusah payah untuk membuatnya.

Selamat mencoba,semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »