Cara Simpel Memilih Acara Televisi Untuk Anak

Ilustrasi/en.wikipedia.org

Di era modern seperti sekarang ini,televisi menjadi salah satu media yang cukup menjadi favorit karena mudah diakses.Banyak informasi,hiburan,dan pengetahuan yang bisa diperoleh dari media yang satu ini.Saat ini stasiun televisi sangat banyak dan beragam dengan acara-acara yang disajikannya.Setiap stasiun televisi berusaha menyajikan acara terbaiknya dengan tujuan untuk menyedot perhatian pemirsanya.

Dari sekian banyak acara yang tersaji di televisi tak semuanya memberikan informasi yang bermanfaat dan mendidik.Banyak sekali konten yang mengandung kekerasan,konten yang terlalu vulgar,dan acara tidak mendidik lainnya,semata-mata hanya untuk menaikkan rating acaranya.
Oleh karena itu,kita dituntut untuk pandai-pandai memilih acara yang sesuai,terutama bagi anak-anak.

Berikut ini adalah tips memilih acara televisi yang aman bagi anak.

1. Pilihlah acara yang sesuai untuk semua umur

Setiap acara televisi memang bertujuan untuk disajikan bagi semua kalangan,baik dewasa,remaja,dan juga anak-anak.Akan tetapi tidak semua acara tersebut sesuai dengan karakter dan kejiwaan seorang anak.Oleh karenanya,pilihlah acara televisi yang sesuai untuk semua umur,misalnya:informasi berita dan olah raga.Biasanya pada layar televisi akan ada petunjuknya yaitu:

- SU : Semua Umur,jadi acara yang ada tulisan tersebut aman untuk ditonton semua kalangan dari anak-anak,remaja,sampai dewasa.

- R : Remaja,acara yang khusus diperuntukkan untuk remaja

- D : Dewasa,acara untuk orang dewasa.Biasanya sebuah talkshow yang membahas tentang hal yang vulgar.

-BO: Bimbingan Orang Tua,acara yang boleh ditonton tetapi harus didampingi dengan orang tua


2. Hindari acara yang mengandung unsur kekerasan

Seorang anak biasanya cepat menyerap apa yang dilihat dan didengarnya.Oleh sebab itu hindarilah acara televisi yang menyajikan unsur kekerasan karena sangat tidak baik bagi perkembangan jiwa dan mentalnya.Jika seorang anak terbiasa menyaksikan acara yang banyak mengandung unsur kekerasan,dikhawatirkan akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari dan dalam pergaulannya,misalnya jadi senang berkelahi dan mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada.

3. Acara Vulgar? Stop,anak-anak Belum Saatnya!

Banyak sekali acara vulgar yang disajikan pada waktu atau jam tayang yang kurang tepat,dimana anak-anak masih bisa menyaksikannya.Efeknya dewasa ini banyak sekali terjadi peristiwa pelecehan seksual yang melibatkan anak-anak dibawah umur.Waspadalah! Dampingilah dan berikanlah penjelasan kepada mereka ketika menyaksikan sebuah acara.

4. Pilih Acara Yang Mengandung Ilmu Pengetahuan

Dari sekian banyak acara yang ditayangkan dalam televisi memang tidak semuanya mengandung unsur yang negatif.
Salah satu acara yang pas bagi anak adalah acara yang mengandung ilmu pengetahuan dan pendidikan.Misalnya acara tentang dunia satwa,flora dan fauna,serta acara yang mengajak perlunya kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.Pilihlah acara tersebut karena bisa mendidik anak kita agar mereka mengetahui mahluk hidup di sekitar kita dan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap lestari.

Pembaca yang budiman,itulah tips singkat memilih acara televisi yang aman bagi anak.Berhasil atau tidaknya anak kelak tergantung dari bagaimana cara orang tua mendidik dan mengawasinya,dalam arti pengawasan yang wajar dan tidak mengekang.

Tugas kita sebagai orang tua memang tidaklah ringan,tetapi kepada siapa seorang anak bergantung kalau tidak pada orang tua?

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan tetaplah didik putra-putri anda.
Previous
Next Post »