Cara Sederhana Melindungi Akun Facebook


Ilustrasi/en.wikipedia.org
Facebook,sebuah sosial media dengan milyaran pengguna dari seluruh dunia.Banyak hal yang dapat dilakukan dengan media sosial yang satu ini,mulai dari menjalin pertemanan,berbagi informasi,foto,bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai sarana untuk menawarkan barang dan jasa.

Kepopuleran media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memang tidak perlu diragukan lagi,itu dapat terlihat dari banyaknya pengguna Facebook yang meningkat dari hari ke hari.

Seiring meningkatnya jumlah pengguna,ternyata juga dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atau istilahnya penjahat cyber untuk melakukan aksi kejahatannya.Ada yang hanya sekedar iseng sampai yang bertujuan untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Untuk itu sebagai pengguna kita harus benar-benar memperhatikan keamanan akun kita,jangan sampai dibajak dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk hal-hal negatif karena akan sangat merepotkan nantinya.

Berikut adalah tips sederhana untuk melindungi akun facebook :

1. Gunakan Email Waktu Mendaftar

Pakailah Email waktu pertama kali akan mendaftar di facebook.Email akan lebih bagus daripada kita memakai nomer kontak ponsel karena email memiliki tingkat keamanan atau secure yang lebih baik.Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuat sebuah email.Anda bisa menggunakan Yahoo,Gmail,atau yang lainnya.

2. Gunakan Kata Sandi Serumit Mungkin

Kata sandi atau password adalah bagian yang paling penting pada sebuah akun,karena password diibaratkan "pintu masuk" menuju ke sebuah rumah.Gunakanlah kata sandi serumit mungkin.Makin panjang dan rumit sebuah kata sandi,disitulah letak kekuatannya.Anda bisa mengkombinasikan huruf,angka,dan karakter lain,umpamanya : ac1@$$4Wzdr$&& atau terserah anda.Tetapi ingat! catat baik-baik password anda dan simpan ditempat rahasia jika anda tidak ingin lupa.

3. Hindari Berbagi Hal Secara Detail

Sah-sah saja jika seorang pengguna ingin menyampaikan informasi tentang dirinya kepada orang lain.Tetapi alangkah baiknya jika kita hanya memberikan informasi seperlunya saja.Rasanya tidak penting kita memperlihatkan foto yang terlalu narsis,nomer kontak pribadi kita,tanggal,bulan,dan tahun lahir kepada orang yang baru kita kenal karena hal itu dapat memancing orang yang berniat jahat untuk melakukan aksinya sebab secara tidak langsung kita telah memberikan kemudahan bagi mereka.Apalagi sekarang banyak terjadi kasus pencurian informasi pribadi.Jadi waspadalah!

4. Hindari Konflik Di Media Sosial

Selain sebagai ajang pertemanan,media sosial juga dapat digunakan untuk diskusi dan tukar pendapat.Terkadang karena perbedaan pendapat satu sama lain tidak jarang memancing terjadinya konflik.Itu adalah hal yang wajar sebagai manusia,karena tiap individu memiliki prinsip masing-masing.Tetapi alangkah baiknya jika setiap perbedaan disikapi secara bijaksana,tanpa harus beradu argumen secara ngotot dan pada akhirnya akan memancing timbulnya perselisihan dan perpecahan.Hindarilah bersikap arogan walaupun hanya dalam media sosial.Komentar dengan kata-kata sopan tentunya akan lebih dihargai daripada kita menggunakan kata-kata kotor yang tidak sepantasnya.Tentunya banyak teman itu lebih mengasyikkan daripada banyak musuh bukan?

5. Selalu Bersihkan Riwayat Penelusuran Anda

Bersihkanlah riwayat penelusuran anda jika telah selesai melakukan browsing,apalagi jika kita menggunakan fasilitas umum seperti warnet,karena dengan melihat cookies,seorang penjahat cyber biasanya akan lebih mudah untuk "mengambil alih" akun anda.
Previous
Next Post »