Cara Jitu Berhenti Merokok


Stop rokok/commons.wikimedia.org
Rokok,sebuah benda yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita.Rokok dewasa ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer dan mendapat prioritas utama dari para pecandunya,walaupun dalam kemasan bungkus rokok telah tertera peringatan dan gambar yang mengerikan akibat dari kebiasaan merokok,namun penjualan rokok dewasa ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.Hal itu disebabkan karena maraknya iklan rokok dan beraneka ragam jenis rokok yang beredar di pasaran sehingga memancing konsumen yang penasaran untuk mencobanya.

Yang lebih memperihatinkan,saat ini bukan hanya orang dewasa saja yang menjadi pecandunya,melainkan anak-anak dibawah umur pun juga banyak yang menghisapnya.

Telah lama beredar jargon dalam masyarakat kita,diantaranya adalah "Lebih baik tidak makan daripada tidak merokok" dan yang lucu menurut saya adalah " Merokok atau tidak merokok sama-sama akan mati,lebih baik merokok sampai mati".Hmm...suatu pembelaan yang sangat klasik dari para pecandunya.

Rokok memang sudah menjadi suatu tradisi bagi sebagian besar masyarakat kita.Tak dipungkiri negara juga diuntungkan dengan adanya para perokok,karena perusahaan rokok selalu membayar bea cukai kepada pemerintah yang jumlahnya tidak sedikit.

Okelah,saya kira cukup sampai di sini saya membahas tentang rokok dan para penggemar setia yang terus bertambah dari hari ke hari dan mungkin anda adalah salah satunya.

Sekarang saatnya saya berbagi pengalaman dengan anda bagaimana saya yang dulunya boleh dikatakan seorang pecandu rokok berat tetapi alhamdulillah sekarang sudah taubat atau berhenti.Jika anda mempunyai tujuan sama seperti saya,teruslah membaca tulisan ini.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk berhenti merokok dan selama ini selalu gagal,mungkin cara saya di bawah ini bisa menjadi acuan bagi Anda.

1. Tekad yang kuat

Ini adalah point yang mendasar dan yang paling utama.Sebuah tekad sangat menentukan berhasil atau tidaknya anda terlepas dari ketagihan merokok.

2. Jangan ditunda

Jika anda telah memiliki sebuah tekad yang kuat,maka langkah selanjutnya adalah jangan ditunda.Matikan dan buang jauh-jauh rokok anda saat itu juga.

3. Persiapkan Mental Anda

Bukan hanya masalah melamar cewek saja yang membutuhkan persiapan mental,berhenti merokok juga harus mempersiapkan mental diri kita sebaik-baiknya.Biasanya efek berhenti merokok yang sangat menguras mental terjadi setelah 72 jam atau kurang lebih 3 hari sampai 1 atau 2 minggu setelah kita menghisap rokok yang terakhir.Proses itu dinamakan gejala putus nikotin.
tanda-tandanya antara lain:Depresi,mudah marah dan mudah tersinggung,lemas dan kurang bersemangat,sakit kepala,sampai sakit perut.Tetapi diwaktu itu tubuh kita sedang dalam proses pengeluaran racun yang diakibatkan oleh rokok yang selama ini kita hisap.Saya akui proses ini adalah waktu yang sangat berat,itulah sebabnya mengapa anda harus mempersiapkan mental sebaik-baiknya.Tetapi anda tak perlu khawatir karena itu hanyalah proses yang terjadi sementara saja.

4. Hindari Minum Kopi

Biasanya para pecandu rokok akan menjadikan kopi sebagai minuman favorit ketika merokok.Mulai sekarang gantilah minuman anda dan hindarilah minum kopi.Perbanyak minum air putih,itu akan sangat membantu anda membunuh keinginan untuk merokok.Selain itu air putih berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan tentunya air putih adalah minuman murah yang menyehatkan.

5. Sibukkan diri anda

Lakukanlah kegiatan atau hobi anda,misalnya bermain musik,berkebun,olahraga atau kegiatan lainnya.Dengan menyibukkan tangan anda,maka kemungkinan kembali menyentuh dan menyalakan rokok akan sangat kecil.Jadi,buatlah anda sesibuk mungkin.

6. Antisipasi waktu

Yang dimaksud antisipasi waktu di sini adalah kapan biasanya anda sangat ingin sekali menghisap rokok,misalnya saat anda baru bangun tidur,saat habis makan siang dan lain-lain.Buatlah catatan kecil waktu dimana anda biasanya merokok dan carilah solusi untuk mengatasinya,misalnya saat anda baru bangun tidur,saat habis makan siang dan lain-lain.Buatlah catatan kecil waktu dimana anda biasanya merokok dan carilah solusi untuk mengatasinya,misalnya ketika anda bangun tidur dan kemudian langsung merokok,gantilah kebiasaan tersebut dengan kegiatan lain,contoh:lari-lari kecil di seputar rumah atau kegiatan lainnya.Rasakanlah perbedaannya.

7. Berani untuk berkata "Tidak"

Manusia memang diciptakan untuk saling mengenal dan berinteraksi satu sama lain.Tidak jarang dalam pergaulan sehari-hari kita jumpai seseorang menawarkan rokok kepada orang lain untuk menghisapnya.Tidak ada yang salah dengan hal tersebut.Namun ketika situasi tersebut terjadi pada anda,dan anda telah mempunyai tekad untuk berhenti merokok anda harus berani menolak dan berkata "tidak".Berikanlah pengertian kepada mereka bahwa anda sedang berusaha berhenti merokok,dan mintalah dukungan mereka.

8. Ingat kesehatan dan keluarga

Kesehatan adalah sebuah anugerah yang tidak dapat dinilai dengan apapun di dunia ini.Jika badan dan pikiran kita sehat tentunya akan menjadikan kita lebih mudah dan produktif dalam melakukan aktifitas sehari-hari.Bayangkan jika kesehatan kita terganggu dan sering sakit-sakitan,tentunya akan sangat merugikan dan mengganggu,apalagi bagi anda yang telah berkeluarga dan mempunyai tanggung jawab yang besar bagi keluarga anda.Mulai sekarang fokuskan pikiran anda,ingat kesehatan anda,dan ingatlah senyum manis istri dan buah hati anda.Saya yakin dengan anda tidak menjadi seorang perokok keluarga akan semakin sayang dan bangga terhadap anda,karena anda sudah tidak lagi menjadikan mereka sebagai perokok pasif akibat ulah anda yang sering merokok di depan istri dan anak.Dengan tidak merokok anda juga sudah memberikan contoh yanv baik terutama bagi anak anda.

9.Berdoa mohon kekuatan

Setiap perjuangan memang selalu membutuhkan proses.Berdoalah dan mohon kekuatan agar impian anda bisa tercapai.

Itulah 9 poin yang menjadikan saya sukses berhenti merokok sampai saat ini,dan saya bagikan kepada anda dengan harapan anda bisa mengikuti jejak saya.Jika sampai saat ini anda masih membaca tulisan sederhana ini saya yakin anda memang mempunyai kemauan yang kuat untuk berhenti merokok.Jadi berjuanglah,demi anda,keluarga,dan orang-orang yang anda sayangi.

Previous
Next Post »