Cara Sederhana Mengatasi Susah Tidur

Ilustrasi/en.wikipedia.org

Susah tidur merupakan masalah yang bisa menyerang siapa saja,dari anak-anak,remaja,sampai orang dewasa.

Idealnya manusia membutuhkan tidur yang cukup yaitu 7-8 jam perharinya,untuk memulihkan tenaga setelah seharian melakukan aktifitas yang tentunya sangat menguras energi.

Selain berfungsi untuk memulihkan tenaga,tidur juga berfungsi untuk membangun kembali sel-sel tubuh yang baru dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Setiap individu pasti menginginkan tidur yang berkualitas,akan tetapi karena kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum tidur,maka impian untuk mewujudkan waktu istirahat yang nyaman pun akan terasa sulit.

Untuk anda yang mengalami gangguan tidur atau insomnia,ada baiknya untuk mencoba tips berikut ini :

1. Hindari Minum Kopi

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein.Kafein berfungsi sebagai stimulan untuk merangsang otak dan mata anda tetap terjaga.Jika anda ingin dapat tidur nyenyak,maka hindarilah minum kopi minimal 3 jam sebelum anda tidur.

2. Hindari Menonton Televisi

Cahaya terang yang dihasilkan dari layar televisi dan suara berisik yang ditimbulkan tentunya akan sangat mengganggu mata dan pendengaran anda,yang akan membuat anda tetap terjaga.

3. Mandi Dengan Air Hangat

Ada baiknya anda mencoba hal yang satu ini.Jika anda kesulitan untuk tidur,mandilah dengan air hangat.Selain menyegarkan air hangat juga berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah dan membuat anda lebih rileks.

4. Minum Segelas Susu Hangat

Biasakanlah untuk minum segelas susu hangat sebelum anda tidur.Selain membantu mencukupi kebutuhan gizi anda,tentunya ritual minum susu sebelum tidur akan menjadi suatu hal yang menyenangkan bukan?

5. Jauhi Gadget Anda

Gadget,seperti smartphone dan netbook hanya akan memperlambat anda untuk tidur.Selain cahaya silau  yang dihasilkan,gadget juga bisa membuat anda lupa waktu karena mungkin anda terlalu asyik ber sosmed ria atau hanya sekedar browsing yang tidak jelas.

6. Matikan Lampu Kamar Anda

Mencoba tidur dengan lampu kamar tetap menyala bagi sebagian orang adalah hal yang sia-sia.Matikan lampu kamar,biarkan kamar menjadi gelap,agar mata anda tidak harus bersusah payah menahan silau dari cahaya yang dihasilkan lampu kamar anda.

Itulah enam tips yang bisa anda terapkan untuk mengatasi insomnia yang mungkin sering anda alami.Jika tidak ada kepentingan yang mendesak,umpanya masuk shift malam dan dikejar deadline,jangan begadang,manfaatkanlah waktu istirahat anda!.
Previous
Next Post »