Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendaftar Google Adsense

Google Adsense ( flickr.com)
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh penghasilan dari internet,dari membuka toko secara online,menawarkan jasa lewat internet,dan menulis blog untuk mengikuti program PPC (Pay Per Clicks) yang sekarang sangat banyak program yang dapat kita ikuti dan tentu saja dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Salah satu program pay per clicks yang sangat populer dan menjadi incaran para blogger,entah itu newbie atau masih belajar (seperti saya :D) sampai yang sudah profesional atau mendapat julukan 'master' adalah Google Adsense.

Apakah yang dimaksud Google Adsense itu? Google AdSense adalah cara gratis dan mudah bagi semua penayang situs web, besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web mereka.Saya kutip definisi tersebut dari http://support.google.com.

Untuk menjadi publisher dari Google Adsense memang tidak sembarangan,karena pihak Google sendiri menerapkan peraturan yang sangat ketat.Tidak terhitung banyaknya blogger dari yang sekedar coba-coba sampai yang benar-benar serius ingin menambah penghasilan dari menulis blogs,tetapi realitanya masih belum bisa menjadi bagian dari google adsense karena berbagai faktor.Ada juga yang sudah menjadi publisher tetapi terkena banned dari pihak google karena melanggar kebijaksanaan,umpamanya meng-klik iklan sendiri atau melakukan kecurangan lain.

Setelah membaca uraian singkat saya diatas,apakah Anda tertarik untuk bergabung dan menjadi publisher google adsense? Jika 'ya' adalah jawaban Anda,ada baiknya perhatikan hal-hal berikut.

1. Gunakan TLD atau Top Level Domain


Top Level Domain atau yang biasa kita kenal dengan TLD adalah: TLD merupakan akhiran pada suatu nama domain yang mengindikasikan pemilik tingkatan tertinggi Domain tersebut dan jenis domain tersebut.Contoh-contoh domain TLD yaitu :
- com atau Commercial bussiness (komersil)
- gov atau Goverment Agencies (Pemerintah)
- edu atau Educational Institutions (Institusi Pendidikan)
- org atau Organization (Organisasi non profit)
- net atau Network Organization (Organisasi Network)
- dan lainnya.

Anda bisa mencari dan membeli TLD tersebut dengan nama Anda untuk digunakan sebagai url pada website atau blogs yang ingin Anda gunakan,misalnya http://donny.com atau yang lainnya.Banyak webhosting yang menawarkan harga domain dengan biaya yang terjangkau.Anda hanya tinggal memilih sesuai keinginan.

* Tips : jangan memilih domain yang berhubungan dengan h4cking,p0rn09rafi,dan dru95 karena tanpa basa basi pihak google akan langsung menolak Anda.

2. Desain Website atau Blogs


Jika Anda sudah menentukan sebuah domain maka hal yang harus diperhatikan adalah desain website atau blogs Anda.Buat website atau blogs Anda semenarik mungkin agar pengunjung betah berlama-lama mengunjungi web/blogs Anda dan buatlah navigasi atau petunjuk untuk memudahkan visitor atau pengunjung yang mengakses website/blogs Anda,misalnya halaman About,Contact,Privacy Policy dan Sitemap.

* Tips : Carilah template yang responsif dan mobile friendly karena saat ini untuk mengakses internet pengunjung lebih banyak menggunakan perangkat seluler.Pilihlah template yang fast loading dan jangan memasang banyak widget yang tidak diperlukan.

3. Tulis Konten Yang Original dan Fresh


Konten yang original dan hasil pemikiran Anda sendiri akan lebih disukai google dari pada konten copy paste.Anda bisa menulis tentang keahlian Anda atau apa saja,asalkan itu murni dari buah pemikiran Anda sendiri,plus cara penyampaian yang unik akan menjadi sebuah nilai plus tentunya.

* Tips : Gunakan google trend untuk mengetahui apa yang sedang menjadi topik terbaru.

4. Perbanyak Visitor/pengunjung 


Anda bisa mempromosikan website/blogs dengan menggunakan sosial media seperti facebook dan twitter,blogwalking dan aktif dalam sebuah forum.
Anda juga bisa mengirimkan sitemap website anda lewat google search console agar artikel yang anda tulis cepat terindek oleh mesin google.

5. Hindari Memasang Banner dari Program Lain


Sebaiknya jika Anda sedang melakukan pendaftaran pada program Google Adsense ada baiknya kalau tidak dibarengi dengan program PPC lain.Apabila website/blogs Anda sudah telanjur terpasang sebuah banner,untuk sementara sebaiknya lepas/jangan pasang banner tersebut untuk sementara waktu.

Itulah lima hal sederhana yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menjadi publisher Google Adsense.Jika saat ini Anda belum diterima mungkin karena ada kekurangan dan persyaratan yang belum Anda penuhi.Bersabar saja dan tetap semangat dalam belajar,karena semuanya membutuhkan proses.Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »