Kurangi Stress dengan 9 Tips ini

Ilustrasi ( Foto:flickr.com)
Stress memang telah menjadi bagian hidup manusia.Aktifitas yang padat,berbagai masalah yang datang silih berganti,dan pola hidup yang tidak sehat adalah beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya stress pada manusia.

Banyak cara yang telah dilakukan manusia untuk menghindari stress atau paling tidak meminimalisasikannya.Seperti yang dinukil dari Live Science,berikut ini adalah 9 tips untuk mengurangi stress.

1. Melakukan  Yoga


Yoga tidak hanya akan membuat tubuh Anda tetap fleksibel,tetapi juga dapat membantu anda untuk mengatasi stress dan mengurangi inflamasi.

Inflamasi adalah respon kekebalan yang dapat bermanfaat,seperti ketika tubuh Anda melawan infeksi ,tetapi jika inflamasi terjadi pada level yang tinggi atau berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah kardiovaskuler,asma,dan juga depresi.

Sebuah studi penelitian yang dilakukan pada 2010 oleh Ohio State University menunjukkan bahwa ahli yoga mengatasi rasa stress dengan cara mencelupkan kaki ke dalam air es,Mereka merasakan berkurangnya tekanan inflamasi yang terjadi pada tubuh mereka.

2. Tidur Yang Cukup


Waktu tidur yang cukup tidak hanya menjadikan Anda terlihat segar,tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi stress.

Tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur dan stress adalah dua hal yang berkaitan.Merasakan stress selama seharian dapat menyebabkan Anda tidak punya waktu yang cukup untuk tidur karena pikiran sudah sangat lelah akibat dari stress yang Anda rasakan.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Clayton Sleep Institute di St.Louis menunjukkan bahwa orang dengan tingkat stress yang kronis adalah orang yang mempunyai durasi tidur yang singkat dan kualitas yang jelek.

3. Psikoterapi


Psikoterapi atau terapi bicara juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memanajemen stress.Lewat psikoterapi,pasien dan psikolog berdiskusi tentang masalah yang sedang dihadapi pasien dan bekerja sama untuk memecahkan problem tersebut.

Ada beberapa variasi tipe psikoterapi,seperti Cognitive Behavioral Therapy (CBT),Dialectical Behavioral Therapy (DBT),dan Group Therapy.Ketiga cara tersebut sama efektifnya dalam membantu pasien untuk keluar dari perasaan atau pikiran yang negatif dan digantikan dengan pikiran yang positif untuk lebih siap dalam menghadapi stress yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Berlatih beban


Berlatih behan adalah satu hal yang patut Anda pertimbangkan.Berlatih bebana sangat baik untuk mengatasi stress karena dapat mengurangi kadar Cortisol.Cortisol adalah sebuah hormon yang timbul dari kelenjar adrenalin pada waktu terjadi stress,misalnya ketika Anda merasa cemas,marah,dan takut.

Peningkatan hormon Kortisol akan sangat berbahaya karena dapat membuat kerusakan organ.

5. Meditasi 


Banyak penelitian yang menunjukkan efek positif dari sebuah meditasi,diantaranya mengurangi stress,menurunkan tekanan darah,dan mengurangi rasa sakit.

6. Tersenyum


Pepatah kuno mengatakan bahwa tertawa merupakan salah satu obat stress yang paling ampuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada Loma Linda University di tahun 2001 menemukan bahwa peserta yang melihat sebuah tayangan video lucu ternyata mengalami penurunan hormon yang menjadi penyebab stress
,Cortisol dan Ephineprine.Mereka juga mengalami penurunan Endorphins,yaitu neurotransmiter yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi depresi,dan sebagai hormon pertumbuhan pada manusia,yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tertawa/tersenyum tidak hanya berfungsi untuk membantu kita berkompromi dengan stress dan emosi,tetapi juga dapat membantu fisik kita agar lebih baik.Pada bulan September sejumlah penelitian yang dilakukan pada University of Oxford di Inggris menemukan bahwa tertawa dapat meringankan rasa sakit.

7. Jangan Berbagi atau Curhat


Berbagi masalah yang menjadi penyebab stress dengan seorang teman mungkin merupakan solusi yang bisa dipertimbangkan.Tetapi menurut sebuah studi yang dipublikasikan bulan Juli menyatakan bahwa dengan menceritakan masalah yang sedang Anda hadapi kepada seorang teman ternyata tidak selalu dapat menjadi sebuah solusi yang tepat.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Kent di Inggris menemukan bahwa ketika orang yang selalu mengalami stress setiap hari,berbagi masalah dengan seseorang merupakan hal yang dapat membuat keadaan mereka makin buruk.Dalam studi tersebut para peserta merasa kurang puas dengan keadaan mereka daripada sebelum mereka mengatakan masalah yang sedang dihadapinya ke seorang teman.

8. Lakukan Pijat


Pijat tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan melemaskan otot-otot yang kaku,tetapi dapat menekan hormon Anda ke level yang positif,merujuk pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010.

Peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles menemukan bahwa setelah 45 menit dilakukan pemijatan,para peserta mengalami penurunan level Cortisol,sebuah hormon stress,dan Vasopressin,sebuah hormon yang dipercaya memberikan peranan penting yang berkaitan dengan perilaku agresif seseorang.

9. Menulis


Menulis merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress,merujuk pada National Institute of Health (NIH).Ketika Anda merasa cemas,tulislah satu persatu semua perasaan Anda dan yakinlah bahwa Anda dapat mengatasi semuanya.Mungkin dengan cara tersebut Anda dapat menganalisa apa yang harus dilakukan untuk membuat keadaan menjadi lebih baik.


 Source


















Previous
Next Post »