Suka Minum Kopi? Inilah Salah Satu Manfaatnya!

Kopi ( foto:en.wikipedia.org )
Kopi adalah salah satu minuman yang cukup banyak digemari karena rasa dan baunya yang khas.

Minuman kopi selain sebagai penahan dari rasa kantuk ternyata juga masih ada manfaat lain yang tersembunyi di dalamnya.

Seperti yang dikutip dari Fox News,sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun di Amerika,orang yang meminum kopi secara rutin ternyata dapat mengurangi kasus kematian yang diakibatkan oleh beberapa kasus,diantaranya adalah penyakit jantung dan diabetes daripada orang yang tidak pernah meminum kopi sama sekali.

"Kopi mengandung berbagai macam komponen biologi aktif,seperti asam phenol,
Potassium,dan Kafein," kata 
Dr.Erikka Lotfield dari the National Cancer Institute di Rockville,Maryland.

Beberapa kajian menemukan bahwa mengkonsumsi kopi erat hubungannya dengan berkurangnya kematian secara keseluruhan dan yang berkaitan dengan serangan jantung,Lotfield menuliskan kepada Reuters Health lewat email.

Peneliti menggunakan data dari studi sebelumnya pada 90,317 orang dewasa yang tidak mempunyai masalah dengan kanker dan gangguan kardiovaskular dimana mereka mengikutinya dari tahun 1998 sampai 2009.Mereka harus memberitahukan tentang asupan kopi yang biasa mereka konsumsi,makanan,dan kesehatan secara mendetail ketika studi tersebut akan dimulai.

Pada tahun 2009 kurang lebih 8,700 orang meninggal.Setelah diselidiki karena faktor lain seperti merokok,peneliti menemukan bahwa tingkat kematian peminum kopi selama studi lebih rendah daripada yang tidak meminum kopi sama sekali.

Resiko kematian akan menurun bagi mereka yang meminum empat sampai lima gelas kopi perhari.Sebuah asosiasi yang sama juga mengatakan bahwa peminum kopi dan yang bukan peminum memiliki tingkat kesehatan yang sama baiknya,menurut sebuah laporan dari American Journal of Epidemiology.

Peminum kopi akan mengurangi resiko kematian yang disebabkan penyakit jantung,penyakit pernafasan kronis,diabetes,pnemounia,dan flu tetapi bukan kanker,peneliti menjelaskan.

"Akan tetapi minuman kopi juga berbanding terbalik dengan beberapa penyakit kanker tertentu,seperti hati,menurut studi epidemiologi,Kami tidak mengamati hubungan antara kopi dan kematian yang disebabkan oleh kanker," kata Lotfield."Mungkin ini ada benarnya karena kopi mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh beberapa penyakit kanker tetapi yang lain tidak."

Orang yang mengkonsumsi dua sampai tiga gelas kopi perhari kira-kira dapat mengurangi resiko kematian sekitar 18 persen dibandingkan mereka yang dilaporkan tidak pernah meminum kopi sama sekali,Lotfield menambahkan.Mengkonsumsi lebih dari lima gelas kopi perhari atau 400 miligram kafein perhari tidak ada hubungannya dengan kesehatan jangka panjang seseorang.

Mengkonsumsi kafein 200 miligram perhari masih aman bagi wanita hamil,merujuk pada sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh 
American College of Obstetricians and Gynecologists.

Source








Previous
Next Post »