9 Poin ini Akan Membantu Anda Untuk Berhenti Merokok

Stop rokok/flickr.com
Rokok,sebuah benda yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita.Rokok merupakan salah satu 'kebutuhan primer' bagi orang yang telah kecanduan untuk menghisapnya,walaupun dalam setiap kemasan bungkus rokok telah tertera tulisan peringatan dan gambar yang mengerikan,tapi nyatanya dewasa ini penjualan rokok cenderung mengalami peningkatan.

Maraknya iklan rokok,baik di media cetak maupun elektronik cukup menjadi salah satu bukti bahwa rokok masih menjadi sebuah 'identitas' bagi sebagian besar masyarakat kita.Bahkan telah lama beredar jargon dalam masyarakat,diantaranya adalah "lebih baik tidak makan daripada tidak merokok",dan yang lebih lucu sekaligus memperihatinkan adalah "Merokok atau tidak merokok sama-sama akan mati,jadi lebih baik merokok sampai mati".Inilah jargon yang dijadikam alibi bagi para pecandunya.

Merokok adalah hak setiap orang,tetapi jika kita berpikir secara mendalam,tidak ada satupun manfaat yang dapat diperoleh dari rokok.Merokok merupakan investasi penyakit yang akan menggerogoti kesehatan seseorang secara perlahan-lahan.Mungkin diantara pembaca adalah seorang perokok berat,tetapi pernahkah terlintas dalam pikiran Anda untuk mencoba menghentikan kebiasaan buruk tersebut?.

Jika Anda mempunyai niat untuk berhenti,teruslah membaca tulisan sederhana ini.Mungkin sembilan poin di bawah ini bisa membantu Anda atau setidaknya bisa dijadikan motivasi karena kesehatan jauh lebih berharga daripada harta yang berlimpah.Dan inilah 9 poin yang akan saya uraikan.

1. Tekad yang Kuat


Ini adalah poin yang utama jika Anda sudah ada kemauan untuk berhenti merokok.Tekad yang kuat akan sangat menentukan berhasil tidaknya seseorang untuk terlepas dari kecanduan merokok.

2. Jangan Ditunda


Jika Anda telah memiliki tekad yang kuat,maka langkah selanjutnya adalah jangan ditunda!.Matikan dan buang jauh-jauh rokok Anda saat itu juga.

3. Berhenti Total Akan Lebih Baik


Ingat,jika Anda benar-benar ingin berhenti merokok,berhentilah secara total dan jangan mengurangi sedikit demi sedikit rokok yang biasa Anda hisap.Berhenti total adalah cara yang efektif dan lebih tinggi tingkat keberhasilannya.

4. Antisipasi


Yang dimaksud antisipasi dalam hal ini adalah kapan biasanya Anda sangat ingin sekali menghisap rokok,misalnya ketika baru bangun tidur,setelah selesai menyantap makanan,dan lain-lain.

Buatlah catatan kecil waktu dimana Anda biasanya merokok dan carilah solusi untuk mengatasinya.Misalkan ketika setelah bangun tidur Anda menghisap rokok,gantilah kebiasaan tersebut dengan rutinitas lain,umpamanya jalan-jalan pagi atau mempersiapkan apa yang akan dibawa untuk aktifitas selanjutnya.

5. Hindari Kopi


Biasanya para perokok akan menjadikan kopi sebagai teman dalam merokok.Mulai sekarang gantilah minuman Anda.Hindari kopi dan perbanyaklah minum air putih.Selain akan membantu membunuh keinginan merokok,air putih juga merupakan minuman murah yang menyehatkan.

6. Sibukkan Diri Anda


Dengan membuat Anda selalu sibuk,maka kemungkinan menyentuh dan menyalakkan rokok kembali akan sangat kecil.Jadi,tetap sibukkan diri Anda.

7. Berdoa Memohon Kekuatan


Sebuah perjuangan memang selalu membutuhkan proses.Terkadang semuanya memang terasa berat,akan tetapi jika kita bersungguh-sungguh  dalam usaha maka tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan dan jangan lupakan,berdoalah kepada Tuhan agar diberikan kekuatan.

8. Berani untuk Berkata 'Tidak'


Manusia memang diciptakan untuk saling mengenal (bersosialisasi) dan berinteraksi satu sama lain.Tidak jarang dalam pergaulan sehari-hari Kita jumpai seseorang menawarkan rokok untuk Anda hisap.Tidak ada yang salah dengan hal tersebut.Namun ketika Anda dalam posisi tersebut (ditawari rokok oleh seseorang),Anda harus berani berkata "Tidak!" dan tolaklah pemberian tersebut.Berikanlah pengertian kepada mereka bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok dan mintalah dukungan mereka.

9. Ingat Kesehatan dan Keluarga


Kesehatan Adalah sebuah anugerah yang tidak dapat ternilai dan tergantikan dengan apapun di dunia ini.Jika badan dan pikiran kita sehat tentunya akan menjadikan kita lebih mudah dan produktif dalam melakukan aktifitas sehari-hari.Bayangkan jika kesehatan Kita sering terganggu dan mudah sakit,tentunya akan sangat merugikan,apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai tanggung jawab yang besar bagi istri dan anak-anak Anda.Mulai sekarang matikan rokok Anda,Ingatlah kesehatan Anda.

Itulah 9 poin yang dapat menambah motivasi bagi Anda untuk segera berhenti merokok.Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »