Untuk Wanita:Lakukan 10 Kebiasaan ini Agar Sehat dan Bahagia

Ilustrasi
Sehat dan bahagia,adalah dua hal yang sangat didambakan setiap individu,tak terkecuali kaum wanita.Mata selalu berbinar,tubuh yang bugar,dan mood yang luar biasa optimis merupakan beberapa ciri yang dapat memperlihatkan bahwa orang tersebut memiliki tingkat kesehatan dan kebahagiaan yang cukup.

Lalu,apakah rahasianya? Apakah hanya menerapkan diet ketat atau menjalani pola hidup yang sehat? Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan fisik dan mental  dapat diperoleh dengan menerapkan gaya hidup yang sederhana.

Seperti dikutip dari Womans Day,berikut ini adalah 10 cara simpel untuk menjadi bahagia dan sehat.

1. Melakukan investasi bagi diri sendiri

Menurut Debra Engle,pencipta InnerGardener.com bahwa "Wanita sangat hebat dalam berinvestasi untuk kebutuhan dan keinginan orang lain,tetapi untuk menghabiskan uang bagi diri mereka sendiri merupakan satu kemewahan.Berinvestasi bagi diri sendiri dapat meningkatkan perasaan lebih sehat dan lebih sejahtera,yang akan berakibat meningkatkan mood,penampilan,serta cara pandang.

2. Melemaskan syaraf otak

Latihan kognitif yang disebut 'neurobics' dapat mengaktifkan koneksi baru pada otak dan melawan penuaan mental,seperti yang dilaporkan Neurobiologist Lawrence Katz dari Duke University.Neurobics menggunakan lima indra dengan cara tak terduga,berfungsi untuk memperkuat koneksi syaraf dan membantu sel penerima tetap muda dan kuat.Cobalah melakukan kebiasaan mandi dalam gelap,tukar apa yang biasa Anda gunakan ke sisi tubuh yang lain (misalnya Anda terbiasa memakai jam tangan pada tangan kiri,ubahlah untuk memakai pada tangan kanan),Mencium aroma berbeda setiap pagi,dan masak makanan yang berbeda dari biasanya.

3. Berani bertindak

Suze Orman menulis dalam bukunya Women and Money bahwa wanita takut untuk keluar dari zona nyamannya."Kita takut berkonfrontasi. Kita takut mengecewakan seseorang. Kita takut kehilangan pekerjaan. Kita takut suami kita akan menceraikan kita. Kita takut anak-anak kita tidak mencintai kita. Kita takut tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kita," tulisnya.Jadi cobalah untuk berani bertindak,misalnya berbicara di depan sebuah forum,atau bepergian sendiri untuk melatih keberanian Anda.

4. Berdamai dengan perasaan buruk

Banyak wanita yang merasa bersalah atas keputusannya menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir.Menurut motivator Susan Wilson,jika Anda tidak bisa menghilangkan rasa bersalah,pilih yang mudah saja."Mungkin ada beberapa manfaat jika Anda menyimpan rasa bersalah dan kemudian bertanya-tanya.Mengapa saya ada pada posisi ini? Bagaimana agar Saya bisa lebih berguna?
Anda dapat menyimpannya untuk beberapa saat,namun ada waktunya Anda harus meninggalkannya" ujarnya.

Berikanlah ruang bagi diri Anda sendiri untuk merasakan emosi positif dan negatif.Anda dapat lebih tenang dan fokus dengan mengamati perasaan Anda dan bukan bereaksi tentangnya.

5. Melakukan olahraga yang disukai

Anda tentunya mempunyai satu atau dua cabang olahraga yang menjadi favorit.Maka lakukanlah olahraga yang menjadi kesukaan dan kepribadian Anda.Jangan memaksa untuk melakukan olahraga yang memang bukan menjadi favorit Anda,karena tidak akan membuat bugar dan sehat,tetapi hanya akan membuat Anda terluka,menurut Pierce Howard phD dalam The Owner's Manual for The Brain.

6. Biasakan untuk tertawa

Menurut Steve Wilson,seorang psikolog dan terapis tawa bahwa 
efek tertawa dan olahraga sangat mirip.Tertawa dapat membakar kalori,meningkatkan endorfin positif,mengurangi stress dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.

7. Menghirup aroma lemon

Aroma lemon dapat meningkatkan mood Anda dan sistem imun karena akan secara langsung akan mempengaruhi berbagai neotransmitter di dalam otak.Minyak lemon dapat menciptakan perasaan positif dengan merubah kadar serotonin dan nerepinephrine di dalam otak,menurut sebuah penelitian dari Departemen Psikiatri di Ohio State University.

8. Cintai pekerjaan Anda

Agar merasa bahagia,fokuskanlah pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini.Ingatkan diri Anda tentang manfaat dari pekerjaan tersebut dan rencana jangka panjang Anda.

9. Bersosialisasi

Menurut sebuah penelitian dari Institute for Social and Research
Bahwa bersosialisasi sama efektifnya dengan latihan mental dalam meningkatkan memori dan kepintaran.

Hanya dengan 10 menit berinteraksi sosial meningkatkan kinerja intelektual sama banyaknya dengan menyelesaikan teka-teki silang atau aktifitas 'intelektual' lainnya.

10. Ukur kemampuan keuangan secara teratur

Pelajari siklus keluar dan masuknya uang dalam rekening Anda,tunjangan pensiun,tagihan kartu kredit,asuransi rumah,asuransi jiwa,dan asuransi keluarga Anda.Biasakan untuk melihat aspek baru dari kebiasaan pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulan.

Sumber : Womans Day



Previous
Next Post »