Anda Perlu Tahu:Ternyata Mencuci Daging dan Ayam Mentah Berbahaya!

Ilustrasi
Sebelum memasak daging atau ayam mentah,orang biasanya akan merendam  daging terlebih dahulu dengan tujuan supaya tidak beku dan memudahkan dalam memotong kemudian baru dicuci dengan air agar bersih.Tetapi tahukah Anda,bahwa kebiasaan tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan?

Kenapa Bisa Berbahaya?


Merendam dan mencuci daging atau ayam memang telah menjadi kebiasaan dan terkesan sepele,tetapi belum semua orang paham dan tahu jika kebiasaan tersebut dapat menimbulkan penyakit.

Studi terbaru menyatakan jika kebiasaan mencuci daging atau ayam sebelum dimasak dapat berakibat menyebarnya bakteri jahat yang terdapat pada daging tersebut ke peralatan dapur,peralatan makan dan pakaian yang kita kenakan.

Hal itu dibenarkan oleh Jennifer Quinlan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat bahwa mencuci unggas mentah bisa sangat berbahaya,sebab dapat meningkatkan penyebaran bakteri di dapur.

"Mencuci unggas tidak akan menyingkirkan bakteri di dalamnya,justru hal tersebut memungkinkan bagi bakteri untuk tersebar atau dapat disebut aerosolisasi (aerosolisasi terjadi ketika virus berada di udara,sehingga dapat dengan mudah terhirup oleh manusia)",terang Quinlan dalam sebuah video seperti yang dilansir dari foxnews.

Bagaimanakah solusi untuk mengolah daging dan ayam mentah yang baik bagi kesehatan?


Daging merupakan salah satu sumber protein yang tinggi dan kaya berbagai vitamin,diantaranya vitamin A,vitamin B3,vitamin B5,dan vitamin B6 yang sangat baik bagi kesehatan dan tubuh kita.Tentunya kita tidak ingin nutrisi tersebut hilang secara percuma dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan jika terbiasa mencuci daging dan ayam mentah bukan?.

Oleh karena itu mulai sekarang hentikanlah kebiasaan mencuci daging dan ayam mentah dengan air.Sebagai solusinya,inilah 3 langkah mudah yang bisa Anda lakukan :

1. Sebelum Anda menyentuh daging atau ayam mentah serta peralatan dapur,cucilah terlebih dahulu tangan Anda dengan air hangat,lalu gunakanlah handuk yang bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.


2.Buat dan pisahkan masing-masing peralatan,mana yang biasanya digunakan untuk mengolah daging dan ayam mentah,dan mana yang biasa digunakan untuk sayuran dan buah-buahan.Hal ini bertujuan agar bakteri tidak tersebar ke makanan lain.

3. Rebuslah daging atau ayam mentah dengan waktu cukup 10 menit kemudian buanglah air rebusan tersebut dan rebus kembali daging atau ayam mentah tersebut dengan air yang baru.

Itulah tiga solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengolah daging dan ayam mentah agar kesehatan Anda tetap terjaga.Semoga bermanfaat.

Sumber :foxnews.com









Previous
Next Post »