Inilah 8 Manfaat Jahe yang Perlu Anda Ketahui

Jahe/source:pixabay.com

Tanaman jahe merupakan
komoditas yang cukup populer dan memberikan banyak manfaat.Dari dahulu jahe sudah dikenal sebagai bahan baku minuman yang menyegarkan dan dapat menghangatkan badan.Namun selain sebagai bahan dalam pembuatan minuman ternyata jahe masih menyimpan beragam manfaat.

Seperti yang dilansir dari detikhealth,inilah 8 manfaat lain dari jahe yang perlu Anda ketahui

1. Meredakan Pegal


Aktifitas yang terlalu berat dan olahraga akan mengakibatkan badan menjadi pegal.Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009,mengkonsumsi jahe 2 gram perhari dapat meredakan rasa pegal,dan badan akan kembali segar.

2. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Sendi


Osteoarthritis atau yang lebih dikenal dengan radang sendi memang dapat menyerang siapa saja.Berdasarkan penelitian ternyata jahe dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi dengan cara mengoleskan campuran jahe,cinnamon atau bubuk ksyu manis,serta minyak wijen.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah


Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu menemukan bahwa salah satu manfaat dari jahe adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah.Dengan mengkonsumsi 2 gram bubuk jahe perhari maka dapat menurunkan gula darah sebesar 12 persen.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan


Mengkonsumsi 1,2 gram jahe setiap hari sebelum makan dapat mengobati gangguan pencernaan kronis atau dyspepsia.Jahe akan membantu mempercepat proses pengosongan perut sebesar 50 persen dan mengurangi rasa nyeri yang timbul.

5. Meredakan Nyeri Haid


Nyeri haid memang terkadang menjadi masalah yang cukup serius bagi kaum wanita.Untuk mengatasi rasa nyeri saat haid,konsumsilah 1 gram bubuk jahe pada tiga hari pertama datangnya menstruasi.Jahe akan mempunyai efek yang sama dengan efek yang dihasilkan oleh obat asam mefenamic dan ibuprofen.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol


Mengkonsumsi makanan yang kurang tepat akan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kadar kolesterol jahat (LDL).Untuk mengontrol kolesterol,konsumsilah 3 gram jahe perhari.Selain bisa mengurangi kadar kolesterol sampai 12 persen,kebiasaan ini juga dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 42 persen.

7. Mencegah Alzheimer


Kandungan antioksidan dan komponen bioaktif yang terdapat pada jahe dapat mengurangi risiko menurunnya fungsi kognitif otak.Dengan demikian secara tidak langsung jahe dapat mencegah penyakit alzheimer.

8. Melawan Infeksi


Kandungan gingerol yang terdapat dalam jahe tidak hanya berfungsi sebagai anti inflamasi dan menghasilkan rasa pedas.Manfaat lain dari gingerol terbukti mampu melawan bakteri jahat yang menjadi sebab dari gingvitis dan periodontitis.


Previous
Next Post »