Tips Sederhana Merawat Netbook

Netbook
Netbook dewasa ini menjadi sebuah perangkat yang cukup penting,karena sangat membantu dalam memperlancar aktifitas kita sehari-hari,dari mulai mengerjakan tugas kantor,tugas sekolah,dan tugas kampus bagi seorang yang sedang menempuh pendidikan pada sebuah universitas.

Selain merupakan barang yang cukup mempunyai peranan vital,sebuah netbook juga terkadang sering mengalami kerusakan,baik masalah hardware maupun software jika kita kurang memperhatikan dan cenderung sembrono dalam merawatnya.

Agar sebuah netbook dapat bertahan lama,kita harus memperhatikan hal-hal yang boleh dilakukan dan hal-hal yang sebaiknya dihindari.Dan berikut ini adalah tips sederhana merawat netbook.

A. Hardware


Hardware atau piranti keras pada sebuah netbook mencakup bagian fisik dari netbook itu sendiri,diantaranya: papan keyboard,cassing,layar monitor,RAM atau memori,hard disk,baterai,mouse,dan lain-lain.

Untuk merawat bagian hardware pada sebuah netbook Anda dapat melakukan hal-hal sederhana berikut ini

> Hindari Membanting Netbook


Point yang satu ini sudah sangat jelas untuk dihindari,karena netbook bukanlah sebuah besi baja,walaupun umpamanya saking jengkelnya Anda terhadap benda yang satu ini,hindarilah untuk melakukan hal tersebut jika netbook Anda  ingin awet dan Anda tidak ingin terkena pasal KDNT (Kekerasan Dalam NetBook :D)

> Hindari Menuangkan Cairan Pada Netbook


Sebuah netbook bukanlah mangkuk sup yang bisa diisi air kuah sesuka Anda.Menuangkan cairan pada netbook dapat mengakibatkan terjadinya konsleting,selain itu juga dapat merusak fisik netbook itu sendiri,apalagi jika yang dituangkan air keras,umpamanya air aki dan merkuri/raksa.

Lain halnya jika umpamanya Anda bersosial media dengan seseorang,dan saking asyiknya sampai lupa waktu plus ketiduran,kemudian ngiler diatas keyboard netbook,karena mungkin Anda sudah lupa mana netbook dan mana bantal.

> Jangan Meletakkan Benda Lain Diatas Netbook


Hindarilah untuk meletakkan benda lain diatas sebuah netbook,apalagi jika benda tersebut cukup berat,karena selain dapat merusak cassing hal tersebut juga dapat berpengaruh pada komponen di dalamnya.

> Bersihkan Keyboard Jika Kelihatan Kotor


Anda dapat menggunakan tissue basah atau sedikit cairan alkohol yang diteteskan pada sebuah tissue untuk membersihkan kotoran yang menempel pada keyboard netbook Anda.Lakukanlah secara hati-hati.

> Perhatikan Waktu Mengisi Baterai Netbook


Perhatikanlah ketika Anda mengisi baterai netbook.Hindari mencharger netbook Anda ketika aliran listrik sedang tidak stabil atau putus nyambung (kayak orang pacaran aja :D) karena hal tersebut bisa merusak baterai netbook.Dan cabutlah segera ketika pengisian sudah penuh.

> Hindari Sering Menyentuh Layar Monitor


Usahakan jangan terlalu sering menyentuh layar monitor netbook Anda,karena menyebabkan layar cepat kotor dan berminyak,hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya goresan-goresan yang tentu saja tidak sedap untuk dipandang.

B. Software


Software atau piranti lunak adalah semua aplikasi yang terpasang atau terinstal pada sebuah netbook,misalnya aplikasi browser,aplikasi audio dan video,dan sebagainya.Selain hardware,software juga tidak kalah penting untuk selalu diperhatikan karena berkaitan dengan sistem yang ada pada sebuah netbook.

Untuk itu perhatikan hal-hal sederhana berikut

> Hindari Memakai Software Bajakan


Software bajakan atau KW memang tergolong murah,bahkan Anda juga bisa mendapatkan secara bebas di internet.Akan tetapi sebuah software bajakan bukanlah merupakan hal yang bagus untuk netbook Anda,selain itu menggunakan software bajakan juga beresiko mendapat sanksi hukum.

> Pasang Antivirus


Sebuah netbook tanpa antivirus diibaratkan seorang tentara tanpa senjata sehingga mudah dilumpuhkan oleh musuh.Pasanglah sebuah antivirus untuk mencegah atau meminimalisir masuknya serangan virus yang akan merusak sistem netbook Anda.Dan update-lah antivirus tersebut sesering mungkin.Anda bisa mendapatkan antivirus dari yang free atau bebas digunakan sampai yang berbayar.


Itulah beberapa hal sederhana yang perlu diperhatikan untuk merawat sebuah netbook agar dapat berumur panjang.Semoga bermanfaat.



Previous
Next Post »