Manfaat Menangis Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi
Banyak anggapan bahwa menangis adalah identik dengan hal yang cengeng dan rapuh,padahal meluapkan emosi dengan cara menangis memiliki manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat menangis adalah membersihkan mata secara alami.Air mata memang dapat membasahi bola mata dan juga kelopak mata sehingga hal ini bisa mencegah membran mukosa dari kekeringan.

Selain berfungsi untuk mencegah kekeringan pada membran mukosa,air mata juga mampu untuk membunuh bakteri dan virus.Secara alami cairan mata mengandung Lisozim,yaitu partikel yang mempunyai kemampuan membunuh 90-95% dari hampir semua bakteri yang dapat menyerang mata hanya dalam waktu  5-10 menit.

Seperti diketahui bahwa emosi yang tertekan dapat menimbulkan kegelisahan,kecemasan,kelelahan dan agresi yang dapat mengarah pada gangguan emosional jika didiamkan.Meluapkan emosi dengan cara menangis akan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Ratih Zulhaqq,psikolog anak lulusan Magister Universitas Indonesia membenarkan hal tersebut.Menurut Ratih,menangis adalah manifestasi dari bentuk perasaan tertentu,bisa saja perasaan sedih,senang,dan juga terharu.

Sementara itu menurut Sharon Martin,seorang psikoterapis berlisensi di San Jose menyebutkan ada banyak keuntungan saat kita menangis.Salah satunya adalah membersihkan energi negatif dan membiarkan eneergi positif untuk bisa masuk.Jadi,menangis tidak selalu identik dengan cengeng bukan?
Previous
Next Post »