5 Alasan Kenapa Anda Harus Segera Berhenti Merokok

Dari mulai kesehatan,penampilan,Sampai aspek yang mencakup dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial.

Ilustrasi
Merokok membunuhmu! Demikianlah slogan yang dapat dijumpai setiap kita menemukan iklan tentang rokok.Akan tetapi baik slogan maupun gambar mengerikan yang tertera pada setiap kemasan bungkus rokok rupanya tidak berpengaruh signifikan terhadap berkurangnya jumlah perokok.Faktanya,bahwa jumlah perokok aktif akhir-akhir ini cenderung mengalami peningkatan.

'Merokok adalah suatu kenikmatan',demikianlah yang banyak didengungkan para penikmatnya untuk mencari alasan agar kebiasaan mereka dapat diterima tanpa memikirkan efek jangka panjang yang akan mereka rasakan jika tidak segera menghentikannya.

Dalam sebatang rokok terkandung kurang lebih 4000 jenis racun yang memberikan andil besar untuk menggerogoti kesehatan dan kekuatan fisik Anda secara perlahan-lahan.

Diantara racun yang terkandung dalam sebatang rokok diantaranya adalah :

A. Nikotin

Jika diantara Anda sudah mencoba untuk berhenti merokok,akan tetapi selalu me galami kegagalan,nikotin adalah salah satu penyebabnya.Nikotin adalah zat yang membuat orang kecanduan jika menghisapnya.Nikotin mempunyai peranan untuk merusak tubuh Anda yaitu dengan cara :

a. Mematikan sel-sel otak (bersiap saja Anda menjadi seorang pelupa ketika belum waktunya.
b. Darah menjadi cepat membeku
c.  Mengeraskan dinding arteri

B. Tar

Zat yang satu ini digunakan untuk pembuatan aspal.Peran tar dalam merusak tubuh tidak kalah hebatnya dengan sang saudara,nikotin yaitu :

a. Membunuh sel dalam saluran darah
b. Merangsang produksi lendir di paru-paru
c. Menjadi penyebab utama kanker paru-paru

C. Karbon Monoksida ( CO )

Karbon Monoksida lebih umum terdapat pada pembuangan dari hasil pembakaran yang dikeluarkan  lewat knalpot kendaraan.Tetapi zat ini juga terkandung dalam sebatang rokok yang sering Anda hisap.Itu artinya sama saja dengan Anda menghirup asap kendaraan setiap hari jika terus merokok.

Itulah tiga racun dari sekian ribu zat racun yang ada pada sebatang rokok.Dari ketiga jenis zat racun tersebut cukup memberikan gambaran bahwa rokok bukanlah 'teman' yang setia menemani segala aktifitas Anda,akan tetapi rokok merupakan 'senjata'yang akan membunuh Anda secara perlahan.

Kini saatnya bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut.Dan berikut ini adalah 5 alasan mengapa Anda harus berhenti merokok.

1. Kesehatan

Kalau hal yang satu ini sudah sangat jelas.Rokok mengandung ribuan zat racun yang dapat menggerogoti kesehatan Anda secara perlahan.Dengan Anda berhenti merokok,maka kesehatan Anda akan semakin baik.Ingat,sehat itu nikmat.

2. Penampilan

Adakah kaitan antara merokok dengan penampilan seseorang? Jawabannya adalah 'Ya,tentu saja ada!'.Seiring makin seringnya Anda menggisap rokok,maka suplai oksigen dalam darah Anda akan berkurang sehingga kulit menjadi cepat keriput dan Anda kelihatan menjadi cepat tua dari usia Anda yang sebenarnya.Selain itu,asap rokok akan membuat gigi dan kuku menjadi kuning,nafas bau,dan rambut kusam.

3. Tanggung Jawab

Mengapa saya anggap sebuah tanggung jawab erat kaitannya dengan merokok? Begini ulasannya : Anda adalah seorang pria yang mungkin sudah berkeluarga dan mempunyaui seorang buah hati.Jika kesehatan Anda terganggu dan tidak bisa beraktifitas seperti biasa,lantas siapa yang akan menggantikan Anda mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga? Apakah istri Anda,atau anak Anda yang masih kecil? Rasanya tidak mungkin bukan?.

4. Hubungan Sosial

Apa yang akan Anda lakukan jika kendaraan di depan Anda mengeluarkan banyak asap dan Anda dipaksa untuk menghirupnya? Tentu Anda akan cepat-cepat menghindar bukan? Dan dalam hati mungkin saja Anda marah-marah.Begitu juga dengan orang disekitar Anda yang notabene bukan perokok aktif tetapi terpaksa ikut 'menikmati' setiap kepulan asap yang Anda hembuskan dari mulut dan hidung Anda,apalagi jika Anda merokok pada angkutan umum yang penuh sesak.Oleh karena itu,hargailah orang yang bukan perokok,jangan Anda saja yang meminta untuk dihargai.

5. Contoh yang Baik

Anda sudah berkeluarga dan telah menjadi seorang ayah? Jika benar,coba renungkan kembali,mengapa Anda harus secepatnya berhenti merokok.
Tentu Anda sangat berharap banyak pada buah hati Anda,dan Anda dengan segenap tenaga dan pikiran selalu berusaha untuk menjaga dan mendidiknya.Apa yang seorang anak lihat,kemungkinan besar dia akan mempraktekkan apa yang pernah dilihatnya.Umpamanya Anda sering merokok di depan anak-anak,maka jangan salahkan anak Anda jika suatu saat nanti melakukan apa yang pernah Anda contohkan.Oleh karenanya sebelum semua terlambat,bulatkan tekad Anda dan berhentilah merokok mulai sekarang.Berikanlah contoh yang baik bagi keluarga Anda,terutama anak-anak Anda.Renungkan,jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari.








Previous
Next Post »