Berkebun di Lahan Sempit? Ini dia tipsnya!

Selain sebagai hobi,berkebun tentunya akan menambah pendapatan keluarga,karena kita bisa menjual produk dari hasil berkebun tersebut.

Ilustrasi


Anda senang berkebun? Akan tetapi bingung karena mungkin Anda tidak memiliki cukup lahan untuk melakukannya?

Berkebun memang biasanya dilakukan pada areal lahan yang cukup luas.Namun bagi Anda yang tidak punya cukup lahan,Anda sebaiknya tidak lekas menyerah dengan keadaan,karena sebenarnya berkebun juga dapat kita lakukan pada lahan yang sempit atau terbatas kok.

Berkebun bagi sebagian orang adalah suatu kegiatan yang cukup menyenangkan untuk menyalurkan hobi bagi mereka yang senang akan dunia tanaman.

Selain sebagai hobi,berkebun tentunya akan menambah pendapatan keluarga,karena kita bisa menjual produk dari hasil berkebun tersebut.

Untuk Anda yang tidak punya cukup lahan,akan tetapi mempunyai kemauan atau hobi untuk berkebun,ada baiknya perhatikan tips-tips berikut ini.

1. Pilih tanaman yang berukuran kecil

Karena ini menyangkut dengan luas lahan yang Anda miliki,maka ketika Anda hendak berkebun di lahan sempit adalah dengan memilih tanaman yang berukuran kecil,karena biasanya tanaman jenis ini mempunyai dahan yang kecil-kecil juga sehingga tidak terlalu banyak 'memakan ruang' pada lahan Anda.

2. Atur secara vertikal

Dengan mengatur tanaman secara vertikal,maka kemungkinan bagi Anda untuk menambah tanamam lainnya akan lebih besar,karena masih tersisanya lahan yang Anda miliki.Gunakanlah rak dari kayu atau bambu untuk menyusun tanaman tersebut.

3. Pilih tanaman yang berumur pendek

Terong,cabai,sawi,tomat adalah jenis tanaman yang mempunyai umur relatif pendek.Selain tidak banyak memakan tempat,keuntungan  memilih tanaman-tanaman tersebut adalah dari segi umur sehingga Anda tidak perlu menunggu waktu berlama-lama untuk menikmati hasilnya.

4. Rawat dengan baik

Memperlakukan tanaman sayur-sayuran memang berbeda dengan tanaman jenis perkebunan lainnya,karena pada tanaman sayuran biasanya akan lebih mudah terserang hama dan penyakit.Oleh karena itu tanaman sayuran harus diperlakukan secara khusus,misalnya rajin menyiram ketika musim kemarau dan tentunya juga harus lebih telaten dan teliti dalam perawatan dan pengendalian hama atau penyakit yang menyerangnya.

Itulah empat poin yang bisa Anda terapkan apabila Anda ingin berkebun di lahan yang terbatas,misalnya pekarangan rumah.Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »