Tips Sederhana Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Akibat serangan virus sangat bermacam-macam.Dari kinerja sebuah komputer yang menjadi lambat,sering eror atau hang,tidak berfungsinya beberapa sistem,sampai menghapus file-file yang terdapat di dalamnya.

Ilustrasi virus

Salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah PC atau komputer adalah adanya serangan virus.Virus yang menyerang sebuah komputer atau netbook memang masalah yang tidak bisa kita anggap sepele.

Akibat serangan virus sangat bermacam-macam.Dari kinerja sebuah komputer yang menjadi lambat,sering eror atau hang,tidak berfungsinya beberapa sistem,sampai menghapus file-file yang terdapat di dalamnya.

Tentunya Anda akan sangat jengkel dan dipusingkan ketika file-file yang Anda simpan dan akan digunakan untuk sebuah presentasi,akan tetapi tiba-tiba hilang karena komputer atau netbook Anda terserang virus.

Untuk itu,kita perlu melakukan upaya pencegahan agar hal-hal seperti di atas tidak terjadi karena akan sangat merugikan tentunya.

Dan berikut ini adalah tips sederhana untuk melindungi komputer dari serangan virus

1. Pasang atau Install Anti virus

Antivirus adalah hal mutlak yang harus ada pada PC atau netbook Anda.Banyak sekali anti virus yang dapat Anda gunakan,dari yang free atau gratis sampai yang berbayar.

2. Perbaharui/update Antivirus sesering mungkin


Jika pada PC atau netbook Anda telah terpasang/terinstal sebuah antivirus,hal yang harus Anda lakukan adalah memperbaharui/meng-update antivirus tersebut sesering mungkin.Anda dapat memilih 'Automatically Update' yang ada pada setting/pengaturan antivirus tersebut.

3. Hindari membuka/klik link sembarangan

Terkadang sewaktu kita browsing di internet sering menjumpai link yang menawarkan suatu produk gratis misalnya software  yang menarik,padahal sebenarnya itu hanyalah sebuah jebakan agar kita membuka link tersebut dan tentunya virus akan dengan mudah masuk ke PC kita lewat link tersebut.biasanya kita disuruh mendownload dan menginstall aplikasi yang berformat .exe, jadi waspadalah,jangan mudah terpengaruh untuk membuka sebuah link atau tautan.

4. Hindari memasang Flashdisk sembarangan

Flashdisk memang memberikan kita kemudahan dalam menyimpan data atau file,karena ukurannya yang relatif kecil dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar,akan tetapi flashdisk juga merupakan sebuah perangkat yang cukup ideal bagi virus untuk menyerang PC atau netbook Anda.Oleh karena itu hindarilah memasang flashdisk sembarangan,dan scanlah flashdisk Anda dengan antivirus secara berkala untuk mengetahui ada atau tidaknya virus dalam perangkat tersebut.

5. Pasang/instal Deep freeze


Deep freeze adalah software Block restore yang di ciptakan oleh perusahaan faronics yang bekerja di bidang pembuatan Software. Deep freeze di ciptakan untuk menjaga dan mengorganisir files yang ingin disimpan secara permanen, terutama pada Local disk Sytem.

Cara kerja Deep freeze adalah membekukan semua file yang berada di komputer tersebut saat di instal pertama kali.
Untuk memakai Deep Freeze sebaiknya komputer anda dibagi menjadi setidaknya 2 partisi yaitu partisi “master” untuk instalasi sistem OS komputer seperti Windows, yang kedua partisi “secondary” untuk data, installer maupun backup. Yang anda pakai untuk Deep Freeze hanya partisi sistem anda saja atau partisi “master” karena partisi ini yang paling banyak diserang oleh virus atau mengalami masalah dengan OS ketika startup. Untuk partisi data sebaiknya tidak perlu dipasang Deep Freeze karena kita tidak ingin saat komputer  restart data anda hilang atau kembali ke posisi semula sebelum terjadi perubahan. Kalau komputer anda singel partition (hanya ada “C” saja tidak ada “D”, dimana “D” bukan CD/DVD-ROM atau RW).


Catatan : Jika komputer Anda terkena virus tinggal restart saja,  pasti akan kembali lagi seperti semula.


Itulah 5 poin yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisasi masuknya serangan virus ke dalam PC atau netbook Anda,semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »