Cara Memproteksi File dan Folder Pada Windows

Ilustrasi
Memproteksi file dan folder yang terdapat pada komputer atau netbook yang menggunakan OS ( Operating System) khususnya yang berbasis Windows memang sangat perlu untuk dilakukan.Apalagi jika file atau folder tersebut berisi dokumen penting dan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang atau pihak lain selain Anda sendiri.

Tentunya Anda akan sangat kecewa,bahkan mungkin bisa menjadi sebuah masalah yang serius jika file atau folder rahasia Anda dapat dengan mudahnya diakses dan bahkan disalah gunakan oleh pihak tertentu untuk mencari keuntungan pribadi.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka sudah seharusnya sebuah file atau folder kita proteksi atau beri perlindungan.

Bagi Anda pengguna Windows,inilah tahap-tahap yang harus dilakukan untuk memproteksi file atau folder yang ada pada komputer atau netbook Anda.

Tetapi tidak semua komputer yang berbasis Windows mendukung proteksi file dan folder secara langsung.Bagi Anda yang menggunakan Microsoft Windows 3.x,Windows 95,dan Windows 98 Anda memerlukan sebuah software atau aplikasi tambahan untuk memproteksi file dan folder rahasia Anda.

* Tips :
Sebelum Anda memproteksi file atau folder yang Anda inginkan,alangkah baiknya Backup/copy data Anda terlebih dahulu,misalnya Anda copy dan simpan ke sebuah flashdisk.Hal ini bertujuan bila suatu saat Anda lupa password untuk mengakses file dan folder tersebut,Anda masih mempunyai data salinannya.

1. Komputer berbasis Windows Vista,Windows 7,dan Windows 8

Bagi Anda yang menggunakan komputer atau netbook dengan basis Windows Vista,7,dan 8 langkah-langkah untuk memproteksi file atau folder adalah sebagai berikut :

a. Pilih file atau folder yang ingin Anda  lindungi dengan password

b. Klik kanan pada file atau folder tersebut,kemudian Anda pilih 'Properties'

c. Anda pilih 'Advanced'

d. Centang kotak 'Encrypt contents to secure data'

e. Klik 'Apply' kemudian 'Ok'

Catatan : Jika Anda tidak melihat adanya pilihan tersebut di atas,berarti Windows yang Anda gunakan not support atau tidak mendukung layanan tersebut.Berarti Anda tidak bisa memproteksi file dan folder yang Anda inginkan.Dan kemungkinan Hard drive yang digunakan untuk menyimpan file Anda tidak menggunakan format NTFS (New Technology File System) dimana format tersebut adalah yang mendukung dalam perlindungan file atau folder.


2. Microsoft Windows Xp Professional

Tahap berikut adalah bagi Anda yang mengunakan basis Microsoft Windows Xp Professional dengan dua akun atau lebih,misalnya fasilitas kantor dan sakome (satu komputer rame-rame :D)

a. Pilih file atau folder yang ingin Anda lindungi

b. Klik kanan pada file atau folder lalu pilih 'Properties'

c. Pada General Tab Anda pilih 'Advanced'

d. Centang pada box 'Encrypt contents to secure data'

e. Klik 'Apply' kemudian 'OK'

Catatan : Anda tidak akan menerima perintah untuk memasukkan sebuah password pada Windows Xp Pro.Tetapi Anda jangan khawatir,karena akun lain yang terdapat pada komputer yang Anda gunakan tidak bisa mengakses file dan folder tersebut.
File atau folder yang telah terproteksi akan berwarna abu-abu.

3. Windows Xp Home

Jika Anda menggunakan Windows Xp Home ikutilah langkah berikut

a. Pilih File atau folder yang Anda inginkan

b. Klik kanan pada file atau folder lalu pilih 'Properties'

c. Klik 'Sharing'

d. Centang pada kotak 'Make this folder private'

e. Klik 'Apply' kemudian 'Ok'

Folder yang telah terproteksi akan berwarna abu-abu.

Agar opsi ini dapat bekerja pada Windows Xp Home edition,Anda harus memperhatikan hal-hal berikut

- Format Hard drives harus NTFS dan bukan FAT32
- Folder yang akan Anda lindungi adalah folder pribadi milik Anda.Misalnya Anda bernama Poniman,Anda hanya bisa melindungi file dalam folder  dimana Anda menyimpan folder tersebut,misalnya :
C:\Documents and Setting\Poniman\
Anda tidak bisa melindungi file atau folder diluar yang telah ditentukan.

Jika Anda ingin memproteksi folder lain selain folder pribadi Anda,opsi yang dapat Anda pilih adalah :

* File dan folder yang tidak sering dibuka/digunakan

Untuk jenis file atau folder yang jarang Anda buka atau gunakan,Anda bisa mengarsipkannya menggunakan aplikasi pengkompressan seperti winrar,winzip,dan lain-lain kemudian baru Anda beri password.

* Windows ME dan Windows Xp

Windows ME dan Xp telah dilengkapi dengan tool bawaan yang dapat digunakan untuk mengkompres file dan memproteksinya dengan sebuah password.

* Windows Vista dan Windows 7

Windows 7 dan Windows Vista juga sudah terdapat tool bawaan yang berfungsi dalam pengkompressan file.Tetapi untuk menambahkan sebuah password Anda diharuskan untuk menginstall Aplikasi lain dari pihak ke tiga.

Semoga bermanfaat.



Previous
Next Post »