Membuat Blogs di Wordpress,Yuk!

Logo Wordpress/image by pixabay.com
Anda tertarik untuk membuat sebuah blogs atau sebuah website? Banyak sekali CMS atau Content Management System yang dapat Anda pilih dan gunakan dari yang gratis sampe yang berbayar.

Untuk yang versi gratis Anda dapat menggunakan Joomla,Drupal,PHP Fusion,Wordpress dan lain-lain.Masing-masing CMS tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.Tapi bukan hal tersebut yang akan saya bahas kali ini.

Diantara CMS yang sudah saya sebut di atas,salah satu yang cukup banyak digunakan untuk membuat sebuah website atau blogs adalah Wordpress.

Sebelum melangkah lebih jauh,sebaiknya kita perlu mengetahui sedikit tentang Wordpress dan sejarahnya.

Apakah yang dimaksud dengan Wordpress?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg.WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.
[Saya kutip dari id.wikipedia.org]

Sejarah Wordpress

Wordpress pertama kali diluncurkan pada tahun 2003.Adapun orang yang telah berjasa dan bekerja keras untuk meluncurkan Wordpress adalah Matt Mullenweg bersama dengan Mike Little.Dewasa ini Wordpress semakin terkenal.Selain karena fiturnya yang termasuk lengkap dan menarik,Wordpress juga mendukung open source untuk blog.

Situs atau website resmi Wordpress

http://www.wordpress.org
http://www.wordpress.com
http://www.id.wordpress.org
http://www.id.wordpress.com

Itulah sedikit informasi tentang Wordpress dan sejarahnya.Nah,bagi Anda yang ingin membuat sebuah blog di Wordpress,ikutilah langkah-langkah berikut ini :


Step 1

Anda kunjungi website resmi Wordpress dengan alamat http://www.wordpress.com



Step 2

Klik 'Create Website' untuk memulai membuat sebuah website atau blog.



Step 3

Pilih sebuah tema atau template yang akan Anda gunakan untuk blog



Step 4

Tentukan pilihan domain yang akan Anda gunakan.Anda pilih free untuk yang gratis.



Step 5

Isikan nama domain yang Anda inginkan pada kolom Search,jika Anda telah tentukan klik Select untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.



Step 6

Dalam tahap ini Anda cukup pilih Free



Step 7

Isikan Email Anda,Nama pengguna dan password yang akan digunakan untuk login nantinya.Klik Create  My Account untuk melanjutkan



Step 8

Verifikasi email Anda.Buka email Anda dan klik atau copy paste ke address bar link yang telah dikirimkan oleh Wordpress ke email Anda




Step 9

Selamat,kini Anda telah berhasil membuat sebuah blog di Wordpress.Untuk memulai memposting artikel Anda,pilih Start a Post.



Itulah tahap demi tahap yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah blog di Wordpress.Semoga bermanfaat dan Happy blogging!







Previous
Next Post »