Tips Sederhana Berkendara di Musim Hujan

Ilustrasi
Musim hujan telah mulai tiba.Jalanan yang tadinya kering dan mudah untuk dilewati kini menjadi susah karena genangan air sehingga gsangat membahayakan bagi pengendara terutama kendaraan bermotor karena adanya lubang dan kontur jalan yang kebanyakan tidak rata bahkan ada yang rusak parah.

Untuk itu sebagai pengendara kita perlu melakukan antisipasi untuk meminimalisir angka kecelakaan yang seringkali terjadi akibat dari kelalaian kita dalam berkendara dan oleh sebab yang lainnya.

Berkendara dimusim hujan nyatanya lebih susah daripada berkendara pada cuaca yang normal.Jarak pandang yang terbatas,lubang yang tidak kelihatan karena tertutup genangan air,dan tentu saja kontur jalan yang menjadi lebih licin seringkali menjadi penyebab seorang pengendara mengalami kecelakaan.

Musibah memang sangat tidak kita harapkan,tetapi memang kadang terjadi.Untuk itu kita perlu melakukan upaya pencegahan agar kita diberikan keselamatan dalam berkendara.

Berikut adalah tips sederhana berkendara di musim hujan :

1. Hindari menggunakan ban ceking/tipis

Jika selama ini motor Anda menggunakan ban dengan bentuk tipis,maka untuk musim penghujan seperti  sekarang gantilah ban kendaraan Anda dengan ukuran yang normal.Ban yang tipis akan berbahaya karena kurang seimbang dalam menopang bobot kendaraan Anda,sehingga motor akan dengan mudah terguling atau mengalami kecelakaan.

2. Ganti ban yang telah halus

Ban yang telah halus sangat berbahaya jika tetap digunakan untuk berkendara,apalagi disaat musim hujan seperti sekarang.Ban yang telah halus atau kembang ban yang telah tipis/pudar tidak bisa mencengkeram aspal secara sempurna.Untuk itu sebaiknya gantilah ban kendaraan Anda jika telah halus/kembang ban telah tipis.

3. Hindari menggunakan lampu berwarna putih

Lampu dengan warna putih memang kelihatan lebih terang,namun untuk musim hujan lampu dengan warna kuning akan lebih kelihatan.

4. Jangan melakukan akselerasi berlebihan

Anda bukanlah seorang pembalap dan tentunya keluarga Anda di rumah sangat mengharapkan Anda kembali dengan selamat.Oleh karena itu hindarilah akselerasi yang berlebihan.Dimusim hujan seperti sekarang ini banyak lubang yang tidak kelihatan karena tertutup genangan air.Jadi berkendaralah sesuai dengan kemampuan Anda,apalagi jika Anda tidak benar-benar menguasai medan jalan yang Anda lalui.

5. Pilih Pakaian anti air yang lebih safety

Benda yang satu ini adalah barang yanf wajib dibawa ketika berkendara dimusim hujan.Pakaian anti air akan melindungi Anda dari basah dan kedinginan.Pilihlah jas hujan yang berbentuk setelan baju dan celana.Ini akan lebih memberikan Anda perlindungan dan tidak ada resiko untuk tersangkut pada benda lain dan jeruji kendaraan Anda.

Itulah lima poin sederhana yang harus Anda perhatikan saat berkendara dimusim hujan.Ingat,keselamatan adalah hal yang paling utama.Tentunya tiada hal yang lebih indah selain Anda pergi dan pulang beraktifitas dengan selamat dan dapat berkumpul kembali dengan orang-orang yang Anda cintai.Semoga bermanfaat,and keep safety riding!.
Previous
Next Post »