Norton Ghost,Solusi Mengatasi Error Pada Windows Tanpa Instal Ulang

Solusi untuk mengatasi Windows yang eror tanpa harus menginstall ulang adalah dengan membuat file yang lebih dikenal dengan istilah 'IMAGE'menggunakan aplikasi Norton Ghost.

Logo Windows

Norton Ghost adalah salah satu produk dari Symantec yang mempunyai fungsi untuk membackup file serta data secara menyeluruh maupun salah satu partisi  yang ada dalam Sebuah PC   atau Netbook.

Jika sebuah PC atau Netbook terserang virus dan harus di install ulang tentunya akan sangat memakan waktu dan tenaga mengingat proses penginstallan sebuah PC atau Netbook biasanya menghabiskan waktu sampai berjam-jam,dan terkadang dalam proses penginstallan tersebut menemukan kendala sehingga tidak selesai dalam satu kali proses,akan tetapi sampai berulang-ulang.

Adakah solusi lain tanpa harus install ulang jika Windows eror karena serangan virus atau sebab lain? Jawabannya "tentu saja ada!".

Solusi untuk mengatasi Windows yang eror tanpa harus menginstall ulang adalah dengan membuat file yang lebih dikenal dengan istilah 'IMAGE'menggunakan aplikasi Norton Ghost.Apakah yang dimaksud dengan Image itu,dan bagaimana cara kita membuatnya?

Image adalah kumpulan file windows yang digunakan untuk memulihkan kembali jika sebuah OS windows mengalami crash atau eror yang disebabkan oleh virus dan sebab-sebab yang lain.Biasanya file Image tersebut disimpan menggunakan ektensi (.GHO).

Sebenarnya cara membuat file image menggunakan Norton Ghost tidak terlalu sulit.Dalam tulisan sederhana ini saya akan coba memandu Anda,dan inilah langkah-langkahnya:

#1. Klik Start-->Program-->Norton Ghost-->Norton Ghos Corporate

#2. Kemudian Anda pilih Load-->Partition-->To Image

#3. Pilih Harddisk dimana anda menginstall windows ( Jika terdapat lebih dari satu Hard disk )

#4. Pilih Partisi dimana Anda menginstall windows

#5. Pilih tempat penyimpanan file ” Ghost ” di partisi yang Anda pilih.di Harddisk eksternal juga bisa.

#6. Berinama File tersebut terserah Anda. ekstensi dari file tersebut adalah GHO, misalnya H2-Plain.GHO, atau H2- Full.GHO, terserah Anda.

#7. Save -> High, ( agar pengompresan partisi menjadi GHO lebih baik )


Proses pengompresan file akan berjalan.
Tunggulah beberapa saat sampai proses  pengompresan file tersebut selesai,untuk waktu seberapa lamanya tergantung besar File – file yang terdapat pada partisi Windows  Anda, semakin besar atau banyak file yang harus dikompress akan semakin lama tentunya, Jika proses telah selesai Anda pilih Quit, lalu restart komputer Anda seperti biasa,. Simpan file berektensi Ghost ini karena Jika windows anda rusak atau Error, file ini dapat dimanfaatkan kembali.Caranya dengan memanfaatkan Windows PE dan Norton Ghost lagi.

Langkah – langkahnya sama seperti ketika membuat file “Ghost” di atas, bedaya ketika menjalankan Norton Ghost pilih Load -> partition -> From Image, pilih File “Ghost” yang dulu anda simpan, lalu pilih partisi dimana Anda menginstall Windows, maka File – file Ghost tersebut akan “Diekstrak” dan direstore kepartisi windows anda sehingga partisi tersebut akan kembali seperti ketika Anda membuat File “Ghost” tersebut windows anda telah terinstall driver – driver, Office, firefox, dan Yahoo Messenger. Maka ketika Anda merestore file “Ghost” tersebut, pada windows anda telah terinstall driver – driver, Office, firefox, tidak kurang tidak lebih ( jika proses pembuatan dan perestore- an file ghost  berjalan sempurna ). setelah proses perestore- an selesai, restart dan Boot komputer anda dari Harddisk lagi, dan windows Anda akan seperti sediakala.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »