Mengatasi Black Screen pada Windows 8 Setelah Booting

Windows 8/pureinfotech.com
Terkadang Kita suka menjadi kesal dan sewot jika PC atau komputer yang akan kita gunakan mengalami masalah sehingga pekerjaan menjadi terganggu.

Bagi Anda pengguna Windows 8,salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah munculnya black screen setelah Kita menyalakan komputer.Cirinya adalah layar monitor berwarna hitam dan tidak mau masuk ke sistem Windows.

Lantas,apakah penyebab terjadinya black screen tersebut? Dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Penyebab black screen pada windows 8 sering terjadi karena installasi aplikasi atau sebuah program yang tidak cocok/tidak kompatible.Terkadang juga bisa terjadi karena update ke versi yang lebih baru,umpamanya versi 8.1 akan tetapi dalam update tersebut mengalami kegagalan sehingga terjadilah kasus yang bernama black screen.

Solusi yang harus Anda coba lakukan adalah sebagai berikut :

A. Jika masalah Black Screen muncul setelah Anda menginstall sebuah aplikasi baru

Apabila penyebab kejadiannya adalah seperti yang di atas solusi yang harus Anda coba adalah dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi yang baru saja Anda install.

Caranya adalah hidupkan kembali komputer Anda,tunggulah sampai layar hitam atau black screen tersebut muncul,lalu Anda login ke Windows sebagai Administrator,tekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard Anda kemudian pilih Task Manager.Klik More Detail (pada windows versi 8.1)

Kemudian pilih File-->Run New Task lalu ketik appwiz.cpl pada kotak dialog Create New Task.
Apabila Anda telah menjumpai jendela Program and Features,Anda tinggal uninstall/hapus program yang Anda anggap sebagai biang keroknya.


B. Jika masalah Black Sreen terjadi setelah update ke versi terbaru

Jika masalah Black Screen muncul setelah Anda update ke versi terbaru,solusi yang bisa Anda coba adalah Matikan komputer Anda dan nyalakan kembali menggunakan Save Mode (dengan cara memencet tombol F8 pada keyboard)  maka akan ada pesan 'Pease Wait',setelah itu akan nampak jendela seperti gambar berikut, Anda pilih 'Troubleshoot'


Setelah Anda klik Troubleshoot,Anda pilih 'Advanced Options'


Pada jendela Advanced Options Anda pilih 'Startup Setting'



Anda akan menjumpai jendela seperti pada gambar berikut,pilih 'Restart' untuk melanjutkan


Tekan tombol F4 pada keyboard Anda setelah komputer restart untuk kembali ke opsi save mode.Jika Anda masih gagal Anda bisa mencoba opsi berikut
Sekarang pergi ke Control Panel-->Sistem-->Device Manager.
Cari 'Display Adapter'dan matikan 'Display Adapter Driver' dengan cara klik kanan pada ikon atau gambar tersebut lalu Anda pilih 'Disable'.


Anda juga bisa menginstall Windows 8 Client dan Windows Server 2012 General Availability Update Rollup (KB2756872) melalui link ini :http://www.microsoft.com/en-us/search/DownloadResults.aspx?q=KB2756872

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »